Comscore Tracker

Ikut Rayakan Idul Adha, Para Napi Lapas Kedungpane Diminta Bertaubat

Ada 8 sapi dan 12 kambing yang disembelih

Semarang, IDN Times - Pengelola Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang turut menyemarakan datangnya perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah. Di lapas terbesar se-Jawa Tengah tersebut, para narapidana ikut menyumbang beberapa hewan kurban.

1. Lapas Kedungpane sembelih 8 sapi dan 12 kambing

Ikut Rayakan Idul Adha, Para Napi Lapas Kedungpane Diminta BertaubatSeekor kambing yang disembelih di Lapas Kedungpane Semarang. Dok humas Lapas Kedungpane Semarang

Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Dadi Mulyani mengatakan di tahun ini pihaknya mendapat sumbangan delapan ekor sapi dan 12 kambing dari para petugas lapas maupun yang berasal dari keluarga narapidana.

"Pada Idul Adha tahun ini, lapas kami melakukan pemotongan sapi delapan ekor dan 12 ekor kambing. Dan rencana nya pemotongan ini dilaksanakan selama 3 hari ke depan," katanya kepada IDN Times, Sabtu (1/8/2020).

Nantinya, daging hewan kurban akan dikonsumsi bagi narapidana setempat. Kemudian ada yang dibagikan untuk masyarakat sekitar.

Baca Juga: Lapas Kedungpane Masih Overload 200 Persen Meski Sudah Asimilasi Napi

2. Pengelola lapas klaim hewan kurban yang disembelih sudah lolos tes kesehatan

Ikut Rayakan Idul Adha, Para Napi Lapas Kedungpane Diminta BertaubatPengelola Lapas Kedungpane saat membungkus daging kurban. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Pihaknya mengklaim hewan kurban di lapasnya sudah lolos tes kesehatan yang dilakukan oleh tim Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu Kelas A Jawa Tengah. 

Ia berharap, dengan kegiatan yang dilakukan secara bersama seperti ini, dapat menumbuhkan kepedulian bersama oleh para narapidana. 

3. Kalapas ajak napi kembali bertaubat

Ikut Rayakan Idul Adha, Para Napi Lapas Kedungpane Diminta BertaubatKalapas Kedungpane memberikan pengarahan saat Hari Raya Idul Adha. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Kegiatan keagamaan yang digelar saat Idul Adha, katanya harus jadi langkah yang baik untuk mengajak para narapidana segera bertaubat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sebelum menggelar salat Ied, para narapidana juga diajak menggelar takbiran di Masjid At-Taubah pada malam harinya hingga gema takbir pada pagi hari.

"Karena para warga binaan di sini masih bisa ikut berbagi kebahagian kepada sesama temannya dengan menyumbangkan hewan kurban," bebernya.

"Untuk warga binaan nanti didistribusikan dalam bentuk matang sudah dimasak, kalau masyarakat sekitar dan warga yang membutuhkan diberi dalam bentuk daging," tandasnya.

Baca Juga: Corona Merebak, Napi Kedungpane Pakai Video Call untuk Hubungi Keluarganya

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya