Comscore Tracker

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!

#RamadanMasaKini Rasanya ingin nambah dan nambah lagi

Di bulan Ramadan, waktu buka puasa merupakan saat yang paling ditunggu. Menu-menu khas dan spesial yang biasanya gak ada pada hari-hari biasa pun banyak tersaji di meja makan selama Ramadan. Nah, salah satu kota yang layak kamu kunjungi untuk mencicipi makanan khas untuk buka puasa adalah Semarang.

Gak dipungkiri, Kota Semarang punya banyak makanan khas yang beragam, mulai dari jajanan sampai makanan besar yang semuanya menggugah selera.Selain rasanya yang enak, harganya pasti juga murah dong.

Berikut ini adalah 7 makanan khas untuk buka puasa yang paling banyak dicari di Semarang. Jika kamu lagi ada di Semarang, jangan lupa untuk mencicipinyan ya.

Baca Juga: Spot Wisata Baru di Boyolali, Keren Banget untuk Ngabuburit

1. Lunpia Semarang

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!travellingyuk.com

Lunpia sudah lama menjadi ikon kuliner Kota Semarang.  Gak heran jika Semarang dijuluki sebagai Kota Lunpia. Kamu belum serasa mengunjungi Kota Semarang jika belum mencicipi makanan khas ini.

Lunpia yang berisi rebung dan ayam ini rasanya benar-benar wow! Dijamin pada setiap gigitan akan membuatmu ketagihan. Kamu bisa menemukan lunpia di setiap sudut Kota Semarang.

Sebagai referensi, kamu bisa datang ke lunpia Gang Lombok di kawasan Pecinan. Di tempat ini,  pembuatan lunpia masih menggunakan resep saat lunpia pertama kali dibuat di Semarang lho.

 

2. Roti Ganjel Rel

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!travellingyuk.com

Roti ganjel rel? Kamu pasti penasaran dengan nama panganan ini. Agar rasa penasranmu terobati, cobalah membeli roti ganjel rel yang merupakan salah satu makanan khas Kota Semarang. Roti ini memang hanya ada di Kota Semarang. Dibuat dari bahan tepung tapioka, santan, air nira, gula dan kayu manis sebagai penambah aroma sedap. Permukaan roti penuh khas dengan taburan wijen.

Roti ganjel rel bisa kamu jadikan sebagai menu buka puasa yang istimewa. Makanan khas ini juga menjadi menu wajib saat acara dugderan lho, yaitu acara yang diselenggarakan menjelang datangnya bulan puasa.

3. Tahu Bakso

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!travellingyuk.com

Salah satu makanan khas Semarang  lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah tahu bakso. Kamu bisa memilih sajian panganan ini dalam bentuk rebus ataupun goreng sesuai selera. Rasanya gurih dan pas dinikmati selagi hangat dengan cabe rawit dan teh panas. Cocok banget untuk menu buka puasa.

Tahu bakso bisa kamu nikmati sebagai makanan pembuka sebelum kamu makan besar untuk buka puasamu. Dijamin, begitu kamu mencicipinya sekali, rasanya ingin nambah dan nambah lagi.

4. Kue Mochi

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!travellingyuk.com

Kue khas Semarang ini terbuat dari adonan tepung ketan dengan isi kacang cincang dan gula. Bentuknya bulat kecil kecil dengan taburan wijen di atasnya. Kue mochi sangat populer di Kota Semarang, salah satunya yang paling top adalah adalah Kue Mochi Gemini.

Kamu bisa mendapatkan kue khas ini di Jalan Kentangan Barat 101 Semarang. Mochi Gemini dibuat tanpa bahan pengawet dan bisa tahan sampai seminggu. Makanan khas ini sangat cocok sebagai sajian berbuka puasamu.

5. Wingko Babat

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!travellingyuk.com

Makanan khas satu ini gak kalah populer di Semarang. Bentuknya yang bulat dengan rasa legit dan gurih ini banyak dicari wisatawan yang datang ke kota ini. Perpaduan rasa legit dan gurih yang dihasilkan dari kelapa muda dengan manis gula menjadikan wingko babat memiliki cita rasa yang luar biasa enak.

Wingko babat sangat cocok untuk menu buka puasa sambil ngeteh ataupun ngopi. Gak heran kalau panganan legit ini tidak hanya digemari warga Semarang, tapi juga para wisatawan. Kamu bisa menemukan panganan khas ini di Jalan Cenderawasih kawasan Kota lama atau di deretan toko oleh-oleh di Jalan Pandanaran.

6. Tahu Gimbal

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!Makananenaksemarang.blogspot.com

Komposisi tahu gimbal terdiri dari tahu goreng, lontong, taoge, kol mentah, telur dadar atau ceplok dan gimbal yang  ditaburi bumbu kacang dengan campuran petis. Gimbal adalah panganan mirip bakwan goreng dengan isi udang.

Cita rasa tahu gimbal adalah perpaduan antara gurih, manis dan pedas. Bumbu kacang untuk tahu gimbal biasanya lebih encer dibandingkan bumbu kacang untuk pecel. Porsinya lumayan banyak, sangat cocok untuk makan besar buka puasamu. Penjual tahu gimbal banyak ditemui di Jalan Pahlawan, Jalan Pemuda, dan Taman KB.

 

7. Babat Gongso

7 Makanan Khas Semarang Paling Ngehits untuk Buka Puasa, Coba Yuk!travellingyuk.com

Babat gongso merupakan salah satu kuliner khas Kota Semarang yang paling banyak dicari. Beberapa warung  babat gongso yang bisa kamu coba antara lain babat gongso Pak Karmin, babat gongso Pak Sabar dan babat gongso Pak Taman.

Babat gongso sendiri merupakan kuliner olahan daging jeroan yang ditumis dengan bumbu kecap. Nah, adonan jeroan dan tumisnya sangat lezat sehingga membuat menu ini begitu populer serta ngehits. Tidak ada salahnya kamu mencicipi makanan khas Kota Semarang yang satu ini untuk menu buka puasamu.

 

Baca Juga: 7 Spot Ngabuburit Paling Keren di Solo, Kulinernya Murah Meriah

Topic:

Berita Terkini Lainnya