6 Trik Ampuh Redakan Emosi Pasangan yang Sedang Ngambek, Luluh!

Hati-hati, bisa picu konflik loh!

Intinya Sih...

  • Memberikan ruang dan waktu kepada pasangan untuk menyendiri saat sedang ngambek atau emosional
  • Menunjukkan empati dan pengertian saat pasangan membahas alasan di balik kemarahannya
  • Menghindari konflik dengan fokus pada penyelesaian masalah, memberikan perhatian, dan berkomunikasi terbuka untuk mencari solusi bersama

Saat pasangan kamu ngambek, tentu saja urusan bisa jadi rumit bahkan bisa memicu rasa stress dan rasa tak nyaman, kan? Namun, dalam sebuah hubungan hal-hal seperti ini sudah pasti ada dan tak bisa dihindari.

Dengan begitu, agar pasangan kamu gak ngambek-ngambek terus-terusan, ini loh ada 6 trik untuk menenangkannya dan hubungan kamu dan dia kembali ke jalur yang diharapkan ya, tentu saja hubungan yang romantis dan penuh ketenteraman. Disimak yuk triknya berikut ini!

1. Kamu harus memberikannya ruang untuk bisa menenangkan diri sendiri

6 Trik Ampuh Redakan Emosi Pasangan yang Sedang Ngambek, Luluh!ilustrasi wanita menyendiri (pexels.com/Ron Lach)

Hal baik yang bisa kamu lakukan untuk pasangan pertama kali ketika melihatnya ngambek atau pun lagi emosional adalah memberikannya ruang untuk bisa menyendiri. Dalam artian, biarkan dia tenang terlebih dan jangan segera membahas masalah yang sedang dialaminya.

Maka, kesempatan bagi dirinya sendiri berguna untuk dia menenangkan diri dan memahami perasaannya. Setelah semuanya terlihat tenang, cobalah untuk berdiskusi pada pasangan kamu secara baik-baik untuk mencairkan suasana dan mencari solusi bersama-sama.

2. Tunjukkan bahwa kamu berempati terhadap dirinya

6 Trik Ampuh Redakan Emosi Pasangan yang Sedang Ngambek, Luluh!ilustrasi empati pada pasangan (pexels.com/August de Richelieu)

Ketika pasangan kamu mulai membahas lebih dalam tentang alasan di balik kemarahannya, penting untuk kamu menunjukkan rasa empati dan pengertian. Dengarkan dengan penuh perhatian tanpa harus menginterupsi atau memotong saat dia berbicara.

Usahakan untuk melihat situasi dari sudut pandangnya. Hal ini dapat membantu pasangan kamu merasa didengar dan dipahami, yang pada gilirannya semoga dapat mengurangi kemarahannya.

Baca Juga: 7 Ciri Hubungan Romansa Sebatas Formalitas, Ketulusannya Gak Berasa

3. Jangan berdebat apalagi sampai menyalahkan pasangan kamu

6 Trik Ampuh Redakan Emosi Pasangan yang Sedang Ngambek, Luluh!ilustrasi pasangan ngambek (pexels.com/

Saat pasangan sedang ngambek-ngambeknya, sebaiknya menghindar jika itu bisa memicu perdebatan atau menyalahkannya dan ini menjadi cara yang baik untuk menenangkan situasi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Daripada mencari siapa yang salah, fokuslah pada penyelesaian masalahnya. Dan tak kalah pentingnya adalah hindari kata-kata yang mengarah pada pertikaian, dan usahakan untuk berbicara dengan tenang dan penuh rasa hormat.

4. Berikan perhatian dan kasih sayang

6 Trik Ampuh Redakan Emosi Pasangan yang Sedang Ngambek, Luluh!ilustrasi membantu pasangan (pexels.com/Thirdman)

Terlepas dari pasangan kamu yang lagi ngambek, tak berarti kamu lupa untuk memberikan perhatian dan kasih sayang kepadanya dan ini dapat membantu menenangkan dia.

Beri pelukan atau sentuhan ringan yang menunjukkan bahwa kamu peduli dan ingin membantunya melewati masa sulit yang terjadi. Ini juga dapat membantu membangun kembali hubungan kamu dengannya secara emosional.

5. Ajukanlah pertanyaan kepada pasangan kamu agar tahu kenapa dia ngambek

6 Trik Ampuh Redakan Emosi Pasangan yang Sedang Ngambek, Luluh!ilustrasi pasangan berdiskusi (pexels.com/Vlada Karpovich)

Gak perlu terlalu banyak bertele-tele ya dengan pasangan kamu untuk mencari tahu alasannya ngambek. Cukup dengan ajukan pertanyaan sederhana saja kepada pasangan untuk memahami lebih dalam tentang apa yang membuatnya sampai ngambek.

Namun, hindari pertanyaan yang terlalu menekan atau bersifat menyalahkan. Sebaliknya, cobalah untuk bertanya dengan penuh rasa ingin tahu dan tanpa prasangka. Ini dapat membuka jalur komunikasi yang lebih baik dan membantu kamu memahami perasaan pasangan dengan lebih baik.

6. Mencari jalan keluarnya bersama-sama

6 Trik Ampuh Redakan Emosi Pasangan yang Sedang Ngambek, Luluh!ilustrasi pasangan ngobrol membahas solusi (pexels.com/

Setelah pasangan kamu merasa lebih tenang dan lega, ajaklah dia untuk berdiskusi tentang solusi untuk masalah yang menyebabkan dirinya marah. Usahakan untuk mencari solusi bersama yang dapat memuaskan kedua belah pihak baik kamu dan pasangan kamu. Ini menjadi langkah penting loh dalam memperbaiki hubungan dan mencegah konflik serupa agar tak terjadi lagi di waktu yang lainnya.

Menenangkan pasangan yang sedang ngambek bukanlah hal yang mudah memang, tetapi dengan pendekatan atau trik yang tepat, kamu dapat membantu meredakan suasana menjadi lebig baik dan memperbaiki hubungan kamu dengannya.

Komunikasi terbuka, empati, dan kesediaan untuk bekerja sama adalah kunci utama dalam mengatasi situasi ini. Ingatlah bahwa konflik adalah bagian dari pendewasaan sebuah hubungan, dan yang paling penting cara kamu menanggapinya.

Baca Juga: 6 Alasan Perlu Punya Penghasilan Pribadi meski Calon Pasangan Mapan

Nurkamal Photo Community Writer Nurkamal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya