4 Tewas Dibunuh Pakai Racun Sianida di Magelang, Cara Pelaku Terungkap

Korban tewas dibunuh dalam waktu berbeda

Magelang, IDN Times - Korban tewas diduga diracun dengan sianida yang diberikan IS (57) warga Desa Sutopati, Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bertambah satu sehingga menjadi empat orang.

Hingga kemarin dilaporkan ada empat orang menjadi korban pembunuhan yang dilakukan oleh tersangka.

Baca Juga: Kewalahan Lewat Tanjakan Nepal Van Java Magelang, Ganjar Ndeprok

1. Korban empat orang dibunuh dalam waktu berbeda

4 Tewas Dibunuh Pakai Racun Sianida di Magelang, Cara Pelaku TerungkapIDN Times/Cije Khalifatullah

Satu korban tambahan menurut Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun yakni berinisial M (52), warga Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

"Korban pembunuhan oleh tersangka ini ada empat orang. Dari keempat ini, tiga kejadian dengan waktu yang berbeda," katanya, Senin (22/11/2021) dilansir dari Antara.

M menurut Kapolres merupakan korban pertama dari tersangka IS, peristiwa pembunuhan terjadi pada tanggal 14 Mei 2020.

2. Bawa duit Rp3 juta korban minta uang dilipatgandakan

4 Tewas Dibunuh Pakai Racun Sianida di Magelang, Cara Pelaku TerungkapIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kronologi kejadian pembunuhan M menurut Kapolres yakni korban diminta meminum air yang ternyata mengandung sianida.

"Pada tanggal 14 Mei 2020 sekitar pukul 20.00 WIB, korban berpamitan kepada keluarganya untuk mendatangi tersangka dengan tujuan meminta didoakan uangnya agar tidak cepat habis atau berlipat ganda karena korban pada saat itu mengalami kesulitan keuangan," katanya.

Saat mendatangi pelaku, korban membawa uang Rp3 juta dan oleh tersangka diberikan air yang dicampur racun sianida. Diduga dalam perjalanan pulang, korban minum air dalam bungkusan plastik dan ditemukan meninggal di pinggir jalan.

3. Korban meninggal tak lama setelah meminum air yang diberikan tersangka

4 Tewas Dibunuh Pakai Racun Sianida di Magelang, Cara Pelaku TerungkapLokasi temuan mayat temuan mayat di Jalan Inspeksi Kanal, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Kamis (19/12) / Istimewa

Kasat Reskrim Polres Magelang AKP M. Alfan menyebutkan korban ditemukan meninggal dunia tidak jauh dari rumah tersangka sekitar pukul 21.30 WIB.

"Diduga korban meminum cairan tersebut yang diberikan tersangka dan ditemukan meninggal dunia sekitar pukul 21.30 di pinggir jalan, tidak jauh dari rumah tersangka," katanya

Ia menyampaikan hingga saat ini ada empat orang korban. Dalam penyidikan, petugas telah melakukan pemeriksaan terhadap 20-an saksi.

4. Salah satu korban merupakan warga Yogyakarta

4 Tewas Dibunuh Pakai Racun Sianida di Magelang, Cara Pelaku TerungkapPinterest

Pengungkapan kasus ini bermula dari pembunuhan terhadap L (31) dan W (38), warga Dusun Marongan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang yang diduga meninggal karena diracun IS.

Hasil pengembangan kasus ini, IS juga diduga melakukan pembunuhan dengan cara yang sama terhadap S(63) warga Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 4 Desember 2020.

Baca Juga: 5 Fakta Gunung Andong di Magelang, Punya Samudera Awan yang Eksotis

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya