Comscore Tracker

Tak Ada Lagi Reisa Broto Asmoro dan Achmad Yurianto di Konpers COVID-19

Reisa tetap akan mengedukasi masyarakat

Semarang, IDN Times - Dokter Reisa Broto Asmoro tak akan lagi tampil mengedukasi publik dalam konferensi pers harian data pandemik COVID-19. Ini setelah Presiden Jokowi mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, sebagai acuan dibubarkannya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal ini diatur dalam Pasal 20 Ayat (2).

Baca Juga: 10 Potret Memesona Jubir Gugus Tugas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro

1. Dokter Reisa Broto Asmoro benarkan dirinya tak lagi tampil di konpers COVID-19

Tak Ada Lagi Reisa Broto Asmoro dan Achmad Yurianto di Konpers COVID-19instagram.com/reisabrotoasmoro

Dokter Reisa membenarkan dirinya tak akan lagi tampil mengedukasi masyarakat sebagai bagian dari tugasnya di Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

“Bakalan kangen karena nggak ketemu pak Yuri (Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan) setiap hari lagi. Siapa di sini yang merasa sama? Menjawab banyak pertanyaan yang muncul, memang mulai hari ini saya tidak lagi mengedukasi melalui press conference harian,” ujar Reisa melalui akun Instagram dr Reisa yang terverifikasi.

2. Tetap akan mengedukasi publik

Tak Ada Lagi Reisa Broto Asmoro dan Achmad Yurianto di Konpers COVID-19instagram.com/reisabrotoasmoro

Meskipun tidak rutin tampil lagi di layar kaca, Reisa mengatakan dirinya tetap akan mengedukasi publik mengenai COVID-19 lewat medium atau platform yang berbeda.

“Mari tetap semangat menjalankan Adaptasi Kebiasaan Baru. Ingat, pandemi masih ada dan kita harus lebih waspada lagi,” ujarnya.

Reisa juga meminta masukan dari masyarakat mengenai jenis edukasi yang dianggap cocok agar pesan-pesan penanganan COVID-19 bisa tersampaikan kepada masyarakat.

“Kira-kira agar ke depannya tetap menjalankan konten edukasi yang lebih baik, apa dan bagaimana yang ingin dibahas? Terima kasih untuk masukkan yang membangun ingat, bersama kita pasti bisa," ujarnya.

3. Banyak mendapatkan pengalaman berharga sejak di Gugus Tugas

Tak Ada Lagi Reisa Broto Asmoro dan Achmad Yurianto di Konpers COVID-19dr. Reisa Broto Asmoro (Tangkapan Layar YouTube BNPB Indonesia)

Reisa menuturkan dirinya banyak mendapatkan pengalaman berharga semenjak bergabung dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, yang sekarang telah berganti nama menjadi Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

"Sejak bergabung dengan Gugus Tugas banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Apalagi menjadi bagian dari Tim Komunikasi. Terima kasih atas kesempatan dan kerja sama seluruh tim. Senang sekali karena sudah seperti keluarga besar sendiri,” tuturnya.

Adapun pengumuman perkembangan kasus COVID-19 kini akan disampaikan oleh Prof. Wiku Adisasmito sebagai Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

4. Achmad Yurianto digantikan Wiku Adisasmito

Tak Ada Lagi Reisa Broto Asmoro dan Achmad Yurianto di Konpers COVID-19Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto berpose di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selain Reisa Broto Asmoro, juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto juga bakal digantikan oleh Wiku Adisasmito dan Budi Gunadi Sadikin.

"Sebagaimana telah disampaikan oleh Bapak Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Kebijakan Pengendalian COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Presiden telah Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto, menunjuk Wiku Adisasmito dan Budi Gunadi Sadikin menjadi Juru Bicara Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sebelumnya, Wiku Adisasmito menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Dengan posisi barunya ini, Wiku berarti menggantikan Achmad Yurianto yang sudah menjadi jubir sejak 3 Maret 2020.

"Juru bicara pemerintah di sini (komite) telah ditunjuk, Prof Wiku dari BNPB dan Budi Gunadi Sadikin khusus untuk Satgas Ekonomi," kata Airlangga di kantornya, Kemenko Perekonomian Jakarta, Selasa (21/7/2020).menunjuk saya sebagai Jubir Satgas Penanganan COVID-19," ujar Wiku dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/7).

Baca Juga: Wiku Adisasmito Gantikan Yuri Jadi Jubir Pemerintah soal COVID-19 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya