Dentuman Letusan Gunung Merapi Sebanyak Dua Kali, Warga Sempat Panik

Warga beraktivitas normal dan tetap waspada

Boyolali, IDN Times - Sejumlah warga di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sempat panik dan keluar rumah setelah mendengar suara gemuruh dari puncak Gunung Merapi. Gunung Merapi sendiri meletus pada Senin (14/10) sore.

Baca Juga: Gunung Merapi Meletus, Hujan Abu Vulkanik Guyur Warga Magelang

1. Dentuman Gunung Merapi terjadi dua kali

Dentuman Letusan Gunung Merapi Sebanyak Dua Kali, Warga Sempat Paniktwitter.com/BPPTKG

Warga di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali berlarian keluar rumah setelah mendengar suara dentuman dari Gunung Merapi. Melansir dari kantor berita Antara, dentuman tersebut terjadi sebanyak dua kali, sekitar pukul 16.33 WIB.

Suara dentuman itu timbul dari puncak gunung yang masih berstatus Waspada atau Level II itu.

2. Asap kepulan ke arah Sleman, Yogyakarta

Dentuman Letusan Gunung Merapi Sebanyak Dua Kali, Warga Sempat PanikANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Kepada Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kecamatan Boyolali, Tumar mengatakan warga desa setelah mendengar dentuman dan langsung melihat terdapat kepulan asap putih ke atas, di puncak Gunung Merapi.

"Asap dari puncak Merapi itu meluncur ke atas sekitar 30 menit setelah dua kali mengeluarkan suara gemuruh," kata Tumar.

Meski demikian, warga setempat masih aman karena arah asap yang keluar dari puncak Merapi mengarah ke Sleman Yogyakarta.

3. Warga diimbau tetap waspada

Dentuman Letusan Gunung Merapi Sebanyak Dua Kali, Warga Sempat PanikTwitter.com/@BPPTKG

Meski demikian, pihaknya langsung mengimbau kepada warga untuk tetap waspada dan memperhatikan atau mengikuti petunjuk dari pemerintah desa setempat, terkait perkembangan Merapi.

"Saya melihat kepulan asap dari puncak Merapi kembali bersih atau menghilang setelah sekitar 40 menit kemudian. Dan kondisi kembali normal," jelas Tumar.

4. Warga beraktivitas normal kembali

Dentuman Letusan Gunung Merapi Sebanyak Dua Kali, Warga Sempat Paniktwitter.com/bpptkg

Seorang warga Desa Jrakah, Perni (33) mengatakan dirinya mendengar suara dentuman sebanyak dua kali dan setelah berlari ke luar rumah terlihat tampak di puncak Merapi keluar asap tebal ke atas hingga ribuan meter.

Warga agak lega setelah asap mengarah ke Sleman sehingga dapat kembali beraktivitas kembali. Warga meski tenang, mereka tetap waspada mengikuti perkembangan terkini tentang Gunung Merapi.

Baca Juga: Gunung Merapi Dua Kali Keluarkan Lava Pijar Sejauh 2 Km di September

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya