Comscore Tracker

Polisi Usut Kematian Mahasiswa Mapala IAIN Salatiga di Telomoyo

Asif diduga kecapekan dan mengalami lemah jantung

Salatiga, IDN Times - Aparat Kepolisian Resort (Polres) Salatiga menyelidiki kasus kematian mahasiswa IAIN Salatiga saat acara Mapala di Gunung Telomoyo. Seperti diketahui, mahasiswa Mapala bernama Asif I Ahany meninggal dunia usai mengikuti serangkaian kegiatan Mapala mulai 7--13 Januari 2022 di Gunung Telomoyo.

1. Polres Salatiga kumpulkan barang bukti di Gunung Telomoyo

Polisi Usut Kematian Mahasiswa Mapala IAIN Salatiga di TelomoyoDok. Leonardo Wisnoe

Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana mengatakan, personelnya sedang mengumpulkan sejumlah barang bukti untuk mengusut penyebab kematian Asif I Ahany.  Menurutnya, barang bukti yang dikumpulkan berasal dari perlengkapan yang dibawa anggota Mapala IAIN Salatiga saat acara berlangsung di Gunung Telomoyo.

"Semua barang buktinya kita kumpulkan, kita selidiki apa yang memicu kematian korban. Termasuk kita cek lagi jadwal acaranya, skrining kesehatannya kayak apa sehingga nantinya kita bisa simpulkan ini sebenarnya disebabkan karena faktor apa saja," kata Indra, Sabtu (15/1/2022).

Baca Juga: Mahasiswanya Meninggal di Telomoyo, Polisi Periksa Wakil Rektor IAIN Salatiga

2. Anggota Mapala IAIN Salatiga dimintai keterangan

Polisi Usut Kematian Mahasiswa Mapala IAIN Salatiga di Telomoyohttps://posmetropadang.co.id/mapala-isi-dan-poltapala-gelar-sport-climbing/

Indra mengaku proses penyelidikan membutuhkan waktu beberapa hari ke depan. Dirinya akan memperdalam penyelidikan seputar aturan yang dipakai tim Mapala IAIN Salatiga saat menggelar acara diksar di Gunung Telomoyo.

Personelnya nantinya juga memeriksa sejumlah anggota Mapala lainnya yang ikut diksar bersama korban. Mereka akan dijadikan saksi sebagai penguat barang bukti agar kasus tersebut dapat diusut tuntas.

"Yang pasti anggota Mapala akan dimintai keterangan. Untuk pihak Rektorat IAIN akan kita ajak komunikasi lagi. Biar kita mengetahui sebenarnya ini sudah sesuai prosedur apa belum," tegasnya.

3. Asif meninggal saat dibawa ke rumah sakit

Polisi Usut Kematian Mahasiswa Mapala IAIN Salatiga di TelomoyoIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Proses penyelidikan, imbuhnya, akan melibatkan unsur intel dan sejumlah anggota Reskrim Polres Salatiga.

"Beberapa hari lagi hasil investigasi dari kita akan sampaikan ke publik," terangnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa mahasiswa IAIN Salatiga bernama Asif I Ahany ditemukan meninggal dunia saat mengikuti pendakian ke Gunung Telomoyo. Informasi yang diperoleh dari Polda Jateng, Asif meninggal pada Jumat (14/1/2022) sekitar jam 00.30 WIB dini hari.

Kejadian bermula tatkala Asif sedang mengikuti acara Mapala IAIN Salatiga tanggal 7 Januari kemarin. Kemudian Asif memutuskan turun ke Posko Qoriyah Toyibah Kalibening, Tingkir karena sedang sakit. 

Kesehatannya diketahui memburuk pada Kamis kemarin (13/1/2022). Ketika diantar ke RST dr Asmir Salatiga oleh teman-temannya, Asif bahkan sudah tidak sadarkan diri. Asif selanjutnya dinyatakan meninggal dunia saat dirawat di IGD. Tubuhnya sudah pucat dan dingin. Hasil pemeriksaan dokter jaga RST menemukan luka pada kaki kanan Asif.

Baca Juga: Mahasiswa Mapala IAIN Salatiga Meninggal di Gunung Telomoyo, Ada Luka

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya