Ada Sinyal PTM Bakal Digelar Oktober, Gibran Masif Lakukan Vaksinasi

Target vaksinasi capai 78 persen.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berupaya mempercepat pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) melalui vaksinasi COVID-19 untuk pelajar. Sejumlah sekolah yang dipakai untuk tempat isolasi terpusat, secepatnya akan dikembalikan fungsinya sebagai tempat pendidikan.

Baca Juga: 500 Siswa SMA di Solo Vaksin Pertama, Gibran Beri Hadiah Hape 

1. Percepat vaksinasi pelajar

Ada Sinyal PTM Bakal Digelar Oktober, Gibran Masif Lakukan VaksinasiWalikota Solo, Gibran Rakabuming meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balaikota. IDNTimes/Larasati Rey

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembelajaran tatap muka bisa segera dilakukan jika seluruh pelajar telah ikut vaksinasi COVID-19

Menanggapi hal tersebut, Gibran mengaku akan mengejar pelaksanaan vaksinasi. Terlebih saat ini, kasus COVID-19 di Kota Solo sudah berangsur menurun.

Dampak dari penurunan tersebut, sejumlah sekolah akan dikembalikan ke fungsi utamanya sebagai tempat pendidikan. Sebelumnya, beberapa sekolah di Solo dialihkan sebagai tempat isolasi terpusat pasien COVID-19.

“Vaksinasi kepada anak sekolah secara bertahap dan berharap bisa dipercepat. Sebab anak-anak sekolah banyak dari SMP, SMA, dan SMK,” katanya, Jumat (20/8/2021).

2. Targetkan Oktober gelar PTM

Ada Sinyal PTM Bakal Digelar Oktober, Gibran Masif Lakukan VaksinasiWalikota Solo, Gibran Rakabuming meninjau vaksinasi di PGS Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Gibran mengatakan saat ini fokus pada pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan masyarakart usia 12 tahun ke atas. Berbagai lini telah dikerahkan untuk mempercepat vaksinasi di Kota Solo salah satunya dengan mengandeng pihak ketiga.

Adanya percepatan vaksinasi ini, pihaknya optimis pada Oktober 2021 mendatang PTM bisa digelar di Kota Solo.

"Apabila seluruh pelajar sudah divaksin, dimungkinkan pembelajaran tatap muka bisa terselenggara Oktober 2021," ujarnya.

Sebelum PTM, sekolah wajib melakukan simulasi PTM lebih dulu. Selain itu, persetujuan dari orang tua juga menjadi syarat utama. Hingga 19 agustus 2021, jumlah remaja yang divaksin dosis pertama sebanyak 3.399 orang. Sedangkan dosis kedua sebanyak 1.615 orang.

3. Pencapaian vaksinasi capai 78 persen.

Ada Sinyal PTM Bakal Digelar Oktober, Gibran Masif Lakukan VaksinasiIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Lebih lanjut, Gibran mengatakan hingga saat ini pencapaian vaksinasi di Kota Solo mencapai 78 persen, pihaknya optimis hingga akhir Agustus 2021, vaksinasi di Kota Solo bisa mencapai 80 persen.

"78 persen capaian vaksinasi, tadi banyak sekali bantuan-bantuan vaksin dari temen-temen dan lain-lainnya, Kita harapannya sampai akhir Agustus ini lah bisa ngejar semuanya," pungkasnya

Baca Juga: Harga Tes PCR Turun, Gibran Siap Tambah Kapasitas Uji Spesimen

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya