Pemkot Solo Dapat Hibah Aset Eks ASEAN Paragames Senilai Rp40 Miliar

Akan digunakan untuk latihan Pelatnas.

Surakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengungkap total aset eks gelaran olahraga ASEAN Para Games (APG) IX tahun 2022 lalu, senilai Rp40 miliar akan dihibahkan ke setiap venue.

Aset seperti alat penunjang pertandingan dan fasilitas olahraga dapat digunakan kembali oleh para atlet untuk berlatih.

Baca Juga: Cek Harga Tiket dan Jam Buka Solo Safari, Wajah Baru Jurug Solo Zoo

1. Penyerahan dilakukan secepatnya.

Pemkot Solo Dapat Hibah Aset Eks ASEAN Paragames Senilai Rp40 MiliarDeputi IV Kemenpora RI, Raden Isnanta. (IDN Times/Larasati Rey)

Deputi IV Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan penyerahan aset itu dilakukan setelah adanya laporan terkait selesainya penyelenggaraan APG IX.

"Laporan tentang penilaian APG, secara kegiatan sudah selesai lancar, secara keuangan sudah mendapatkan pemeriksaan BPK dinyatakan tak ada masalah. Hari ini penyerahan aset milik Kemenpora dari hasil APG," ungkap Isnanta saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (8/3/2023).

Aset tersebut akan dibagikan untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) atas aset di GOR Jatidiri Semarang, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, UNS, dan NPC. Aset-aset itu akan dipilah dan selanjutnya dihibahkan.

2. Hibah aset senilai Rp40 miliar

Pemkot Solo Dapat Hibah Aset Eks ASEAN Paragames Senilai Rp40 MiliarCabor para catur dalam ASEAN Paragames XI Solo. (Dok/INASPOC)

Raden mengatakan jika nilai aset tersebut kurang lebih senilai Rp40 Miliar. Saat ini aset tersebut tersimpan dalam kondisi baik. Nantinya, aset ini bisa digunakan para atlet disabilitas untuk berlatih.

"Nilai asetnya kira-kira sekitar Rp 40 miliar. Penyerahan aset secepatnya, kami akan bertemu NPC dulu. Sekarang aset ada di gudang Boyolali, kecuali melekat di stadion," ujarnya.

Usai penyerahan, seluruh aset akan dipertanggungjawabkan masing-masing instansi sesuai venue pertandingan.

"Intinya jika venue UMS, UNS atau kampus lainnya ya tugasnya kampus untuk memelihara. Jika seperti Stadion (R. Maladi) Sriwedari atau milik pemerintah kota atau daerah berarti mereka yang akan menjaga aset yang kami serahkan," jelasnya.

3. Untuk latihan pelatnas.

Pemkot Solo Dapat Hibah Aset Eks ASEAN Paragames Senilai Rp40 MiliarCabor para archery dalam ASEAN Paragames XI Solo. (Dok/INASPOC)

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyarankan agar alat-alat yang sudah terpasang pada venue tak dibongkar. Agar tak mengubah kondisi kelayakan setiap alat pertandingan.

"Jadi itu idealnya tetap terpasang di venue. Dan tetap yang menggunakan atlet disabilitas. Karena setelah ini mereka persiapan untuk APG Kamboja ya. Nanti kita tunggu serah terimanya aja," pungkas Gibran.

Baca Juga: Pesan Gibran Kepada Generasi Stroberi: Ojo Sambat di Media Sosial!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya