Pertama di Luar Jabodetabek, Stasiun Klaten Dilengkapi Pos Kesehatan

Siap sambut penguna kereta jarak dekat dan jauh.

Klaten, IDN Times - KAI Commuter mulai Minggu 1 April 2023 menghadirkan penambahan layanan di Stasiun Klaten dengan membuka Pos Kesehatan (poskes).

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Klaten, Liburan Murah Meriah Tiket Mulai Rp2 Ribu

1. Operasional dari pagi hingga malam hari.

Pertama di Luar Jabodetabek, Stasiun Klaten Dilengkapi Pos KesehatanLayanan kesehatan di Stasiun Klaten. (Dok/KCI)

Poskes Stasiun Klaten ini merupakan poskes pertama yang dihadirkan KAI Commuter di luar wilayah Jabodetabek.

Pos Kesehatan akan melayani pengguna setiap harinya mulai pukul 05:00 hingga pukul 20:00 WIB. Pos Kesehatan ini diawaki tiga orang petugas paramedis dengan latar belakang pendidikan sebagai perawat yang akan bergantian memberikan layanan bagi pengguna.

"Poskes dapat melayani antara lain pengguna yang memerlukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), pengguna yang sakit ringan, hingga merujuk pengguna yang memerlukan perawatan lebih lanjut di rumah sakit terdekat," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Minggu (2/4/2023).

Selain di Stasiun Klaten, saat ini pada lintas layanan CommuterLine Yogyakarta - Solo/Palur sudah terdapat poskes di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Solobalapan yang sejak lama sudah dibuka untuk layanan pengguna oleh PT KAI.

2. Melayani penumpang antar kota.

Pertama di Luar Jabodetabek, Stasiun Klaten Dilengkapi Pos KesehatanComuterrline rute Solo-Yogyakarta. (Dok/KCI)

Selanjutnya setelah Stasiun Klaten, KAI Commuter juga akan melengkapi sejumlah stasiun lainnya dengan layanan poskes ini. Meskipun telah tersedia layanan poskes, KAI Commuter menghimbau pengguna untuk tidak memaksakan diri naik kereta bila kondisi sedang sakit atau tidak fit, selalu menjaga keselamatan dan mengikuti aturan yang berlaku selama berkomuter.

Pos Kesehatan ini akan melayani para pengguna kereta di Stasiun Klaten, baik pengguna CommuterLine, Kereta Api Antarkota, maupun Kereta Api Bandara Adi Sumarmo.

3. Layanan berbuka puasa saat perjalanan Commuterline.

Pertama di Luar Jabodetabek, Stasiun Klaten Dilengkapi Pos KesehatanComuterrline rute Solo-Yogyakarta. (Dok/KCI)

KAI Commuterline memberika pengecualian, saat masuk waktu berbuka puasa, para pengguna sedang dalam perjalanan menggunakan commuterline diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa. Petugas akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa.

KAI Commuter mengimbau para pengguna saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kami juga mengajak saat membatalkan puasa dengan makan dan minum secara tidak berlebihan dan hindari makan atau minum yang berbau menyengat," jelasnya.

Sedangkan operasional pelayanan perjalanan commuterline Yoyakarta – Solo tetap berjalan normal. Dimana rute Yogya-Solo sebanyak 20 perjalanan pada weekday dan 24 perjalanan pada weekend. Selama Bulan Ramadan, KAI Commuter memberlakukan aturan khusus kepada pengguna saat waktu buka puasa di dalam perjalanan commuterline.

Baca Juga: Wisata Alam di Klaten Yang Wajib Kamu Kunjungi, Suasananya Syahdu Lur!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya