Comscore Tracker

Bendera PDIP Dibakar, Hendi Minta Kader Dukung Penuh Upaya Hukum

Ingin pelaku dihukum berat

Semarang, IDN Times - Ketua PDI Perjuangan (PDIP) Kota Semarang, Hendrar Prihadi menanggapi kasus pembakaran bendera partai berlambang banteng saat demonstrasi di depan Gedung DPR Jakarta, Rabu (24/6). Dia meminta seluruh kader, simpatisan, serta relawan untuk bisa mengikuti komando pimpinan partai. 

1. PDIP Kota Semarang dukung penuh upaya jalur hukum yang ditempuh DPP PDIP

Bendera PDIP Dibakar, Hendi Minta Kader Dukung Penuh Upaya HukumSurat perintah harian Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Dok. Istimewa)

‘’Saat ini memang sedang ada pihak - pihak yang terus mencoba untuk memancing di air keruh, termasuk dalam aksi pembakaran bendera PDIP. Meskipun begitu, sikap tegak lurus pada perintah partai harus dikedepankan. Untuk itu saya mendukung penuh upaya jalur hukum yang ditempuh DPP PDIP dalam memproses kasus tersebut,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (25/6). 

Pria yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, bahwa pelaku harus dihukum seberat-beratnya, karena telah melakukan tindakan pembakaran bendera partainya dengan sengaja. "Saya sepakat dengan yang disampaikan Mas Hasto, Sekjen PDI Perjuangan, untuk mengedepankan proses hukum dalam kasus ini. Sebab, dalam perintah harian ibu ketua umum yang dikeluarkan hari ini, Kamis (25/6) juga ditegaskan untuk menempuh jalur hukum agar jangan sampai memecah belah bangsa,’’ katanya.

Baca Juga: Ada Bendera PKI saat Bakar Bendera PDIP, Ganjar: Mereka Sablon Sendiri

2. Kader PDIP Kota Semarang siap terima komando jika perlu mengerahkan massa

Bendera PDIP Dibakar, Hendi Minta Kader Dukung Penuh Upaya Hukum(Dok. IDN Times)

Tindakan pembakaran bendera PDIP itu telah melukai para pengikut Bung Karno yang menempatkan Pancasila sebagai suluh perjuangan bangsa. Maka itu, kader PDIP Kota Semarang siap menerima komando pimpinan partai jika diperlukan untuk mengerahkan massa.

"PDI Perjuangan adalah partai militan dengan kekuatan akar rumput yang besar, kekuatan ini kami dedikasikan sepenuhnya untuk kepentingan bangsa. Namun, kami juga siap menerima komando pimpinan partai jika sedulur-sedulur diminta bergerak dan mengerahkan massa sebanyak-banyaknya,’’ ujar Hendi yang saat ini menjabat Wali Kota Semarang.

3. Sebagai bentuk empati para kader dan simpatisan di Semarang diminta mengibarkan bendera PDIP

Bendera PDIP Dibakar, Hendi Minta Kader Dukung Penuh Upaya HukumIlustrasi bendera PDIP. IDN Times/Daruwaskita

Untuk diketahui, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah sering disebut sebagai kandang banteng dan Kota Semarang menjadi salah satu daerah dengan kader banteng terbesar. 

‘’Maka sebagai bentuk empati kami memerintahkan kepada seluruh kader, simpatisan, dan relawan di Ibu Kota Jawa Tengah untuk merespons kasus tersebut dengan mengibarkan bendera PDI Perjuangan di tempat masing-masing dengan setinggi-tingginya. Mari tunjukkan kekompakan kita sebagai keluarga besar PDI Perjuangan," tandasnya.

Baca Juga: Bendera PDIP Dibakar, Megawati Ajak Kader Tempuh Jalur Hukum

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya