Pelanggan Indosat di Jateng dan Jabar Tambah 800 Ribu di Kuartal II 20

Jumlah BTS meningkat 28 persen

Semarang, IDN Times - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan kinerja positif pada kuartal kedua tahun 2023 secara nasional dan khususnya di area Jawa Tengah dan Jawa Barat. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan jumlah pelanggan hingga peningkatan trafik data 4G. 

1. Pendapatan Indosat capai Rp24,7 triliun

Pelanggan Indosat di Jateng dan Jabar Tambah 800 Ribu di Kuartal II 20Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menggelar rilis kinerja kuartal kedua 2023. (IDN Times/screenshot/Anggun Puspitoningrum)

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, perseroan kembali mencatatkan laba bersih di sepuluh kuartal berturut-turut dan pendapatan yang terus bertumbuh di lima semester terakhir. Pada kuartal II 2023 ini, kinerja keuangan IOH tetap solid.

“Kami senang dapat melaporkan hasil kinerja perusahaan selama semester I tahun 2023
dengan hasil yang positif. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh
karyawan yang didukung oleh para mitra dan pemegang saham kami, dalam mencapai
tujuan bersama yaitu memberdayakan Indonesia,’’ ungkapnya secara daring, Jumat (28/7/2023).

Secara nasional, Indosat mencatatkan total pendapatan Rp24,7 triliun pada semester I 2023 atau meningkat 10 persen dibanding tahun lalu (yoy). Pertumbuhan pendapatan
yang kuat tersebut dikontribusi oleh kinerja positif dari semua lini bisnis perusahaan.

Baca Juga: Gerai IM3 Semarang Makin Digital, Layani Pelanggan Maksimal 10 Menit

2. 8.500 BTS 4G terpasang di Jateng dan Jabar

Pelanggan Indosat di Jateng dan Jabar Tambah 800 Ribu di Kuartal II 20Pengguna teknologi informasi memanfaatkan jaringan Indosat. (IDN Times/Dhana Kencana)

Realisasi tersebut juga disumbang oleh Indosat di regional Central and West Java (CWJ) atau di area Jawa Tengah dan Jawa Barat. Pada area tersebut turut mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tetap terjaga di kuartal II tahun 2023.

Hal ini tercermin dari meningkatnya jumlah pelanggan berkualitas hingga lebih dari 800 ribu pengguna (YoY) atau bertumbuh 3 persen. Disusul dengan peningkatan trafik data 4G sebesar 15 persen (YoY) serta jumlah pengguna data yang mencapai 4 persen secara tahunan (yoy).

Sepanjang paruh pertama 2023, total BTS 4G di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat
telah bertambah lebih dari 8.500 unit BTS atau meningkat 28 persen (yoy) dibandingkan
periode yang sama tahun lalu.

‘’Hasil ini membuktikan semakin mumpuninya performa jaringan Indosat yang mampu memberikan marvelous experience bagi pelanggannya,’’ ujar Vikram.

3. Jaringan Indosat jangkau 700 kecamatan

Pelanggan Indosat di Jateng dan Jabar Tambah 800 Ribu di Kuartal II 20Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menghadirkan pengalaman digitalisasi pada pelanggan. (dok. IOH)

Dengan pencapaian tersebut, kini pelanggan Indosat baik IM3 maupun Tri yang tersebar
di seluruh Indonesia, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan.

Selain itu, juga kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.

Sementara secara global di Indonesia, Indosat telah melakukan percepatan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) mulai menunjukkan hasilnya. Indosat mencatat pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar 4 persen atau 3,8 juta (yoy) menjadi 100 juta dengan peningkatan pendapatan rata rata per pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) Perseroan menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua.

4. Percepatan lewat integrasi MOCN dan Go to Market

Pelanggan Indosat di Jateng dan Jabar Tambah 800 Ribu di Kuartal II 20Indosat melakukan peremajaan Gerai IM3 Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kemudian, trafik data meningkat sebesar 16,8 persen (yoy) atau lebih dari 7.000 Petabyte. Seluruh peningkatan layanan tersebut ditopang oleh lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I 2023 yang meningkat 8,5 persen (yoy), dengan 167 ribu merupakan BTS 4G.

“Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat, membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan. IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat,” tandas Vikram.

Baca Juga: Cara Aktifkan Internet Paket Haji Indosat, Komunikasi Tetap Lancar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya