Pemkot Semarang Lanjutkan Pembangunan Kota Lama saat Pandemik COVID-19

Pariwisata di Kota Semarang terdampak pandemik virus corona

Semarang, IDN Times - Sejumlah program pembangunan di Kota Semarang masih berjalan meski pada masa pandemik virus corona (COVID-19). Salah satunya adalah revitalisasi Kawasan Kota Lama tahap kedua yang diupayakan selesai pada Desember 2020 atau selambat-lambatnya awal tahun 2021. 

1. Pembangunan kota fokus di sektor perdagangan dan jasa

Pemkot Semarang Lanjutkan Pembangunan Kota Lama saat Pandemik COVID-19www.instagram.com/wisatasemarang

Upaya tersebut menegaskan bahwa kebijakan pembangunan di Kota Semarang masih fokus pada sektor perdagangan dan jasa, khususnya sub sektor pariwisata.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerangkan, salah satu wujud pengupayaan kelanjutan revitalisasi Kota Lama Semarang adalah tindak lanjut dari pembangunan Museum Kota Lama yang berada di Bundaran Bubakan Kota Semarang.  

“Seperti yang terlihat, saat ini sedang berjalan pembangunan Museum Kota Lama yang Insya Allah akan selesai sekitar Desember 2020,” ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Objek Wisata di Semarang Belum Bisa Buka Jika Tidak Ada Rekomendasi 

2. Revitalisasi kawasan wisata Kota Lama akan dikembangkan menjadi Kawasan Semarang Lama

Pemkot Semarang Lanjutkan Pembangunan Kota Lama saat Pandemik COVID-19IDN Times/ Dhana Kencana

Secara detail, revitalisasi kawasan Kota Lama secara keseluruhan masih ada dalam proses yang panjang. Apalagi, dengan adanya rencana perluasan kawasan wisata Kota Lama menjadi Kawasan Semarang Lama.

‘’Revitalisasi tak akan hanya dilakukan pada zona Little Netherland yang saat ini sudah tergarap, melainkan juga zona Melayu, Arab, dan Pecinan. Sehingga, dengan luasnya kawasan wisata Semarang Lama yang direncanakan tersebut, nantinya akan semakin besar potensi wisata yang mampu tergali, untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang,’’ jelas pria yang akrab disapa Hendi itu.

3. Pengembangan pariwisata di Semarang terdampak pandemik COVID-19

Pemkot Semarang Lanjutkan Pembangunan Kota Lama saat Pandemik COVID-19IDN Times/ Dhana Kencana

Kendati demikian, Hendi tidak menampik bahwa pariwisata di masa pandemik COVID-19 saat ini menjadi tantangan besarnya. Untuk itu, Pemkot Semarang terus berupaya menegakkan protokol kesehatan virus corona sebaik mungkin di lokasi Kota Lama untuk dapat menjaga kenyamanan bersama. 

‘’Walaupun saat ini baru dapat menargetkan kunjungan dari wisatawan lokal, tapi kami meyakini dengan pembangunan yang terus berjalan, Kota Lama Semarang akan semakin siap menjadi destinasi wisata pasca COVID-19. Kami sendiri terus berupaya melalui berbagai hal, untuk perekonomian di Kota Semarang dapat segera bangkit," tandasnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya