Comscore Tracker

Semarang Panen Pohon Tumbang Usai Hujan Lebat dan Angin Kencang

Cuma wilayah Genuk yang tidak hujan

Semarang, IDN Times - Kota Semarang panen pohon tumbang usai hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah tersebut. Belasan pohon tumbang di sejumlah titik terutama di wilayah Barat Semarang. 

1. Pohon tumbang terjadi di 12 titik lokasi

Semarang Panen Pohon Tumbang Usai Hujan Lebat dan Angin KencangPohon tumbang menimpa rumah warga di Kota Semarang. (dok. BPBD Kota Semarang)

BPBD Kota Semarang mencatat ada 12 pohon tumbang di sembilan titik. Adapun, empat diantaranya menimpa rumah warga.

Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Semarang pada Jumat (22/10/2021) Sore hingga Malam hari mengakibatkan banyak pohon tumbang.

“Pohon tumbang ini mayoritas hanya terjadi di beberapa wilayah barat Kota Semarang. Sedangkan, di wilayah utara seperti Kecamatan Genuk tidak dilanda cuaca ekstrem pada sore hari kemarin," ungkapnya saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: Dramatis! Duel Mbah Uban dan Ular Piton yang Teror Warga Semarang

2. Tujuh rumah warga tertimpa pohon tumbang

Semarang Panen Pohon Tumbang Usai Hujan Lebat dan Angin KencangPohon tumbang di jalanan Kota Semarang. (dok. BPBD Kota Semarang)

Dari catatan BPBD Kota Semarang, tujuh rumah warga yang tertimpa pohon tumbang antara lain empat di Jalan Menoreh 3, Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur. Kemudian, rumah warga di RT 6 RW 5 Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati.

Selanjutnya, pohon tumbang juga menimpa rumah di Jalan Ringin Telu RT 8 RW 1 Kelurahan Kalipancur, dan rumah milik warga di Bukit Beringin Asri RT 4 RW 7 Kelurahan Gondoriyo.

Lalu, pohon tumbang lainnya terjadi di Jalan Menoreh Raya, Jalan Menoreh Tengah, wilayah Kampus Untag, dan wilayah Kretek Besi di sekitar Dewi Sartika. Kemudian, juga terjadi di kawasan Ringin Telu, Ndesel, dan Talangsari.

3. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang

Semarang Panen Pohon Tumbang Usai Hujan Lebat dan Angin KencangIlustrasi pohon tumbang dan menimpa rumah. (Dok. BPBD Purbalingga)

Winarsono menuturkan, setelah kejadian BPBD, PMI, Damkar, Disperkim, dan Satpol PP Kota Semarang langsung melakukan pembersihan serta membantu warga yang tertimpa musibah tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Tim gabungan bersama warga langsung melakukan asesmen untuk melaporkan kerugian akibat bencana pohon tumbang di beberapa wilayah itu,” tuturnya.

Selain itu, imbuh dia, tim gabungan juga telah memberikan bantuan logistik terhadap warga yang terdampak hujan lebat dan angin kencang.

Baca Juga: 7 Titik Rawan Banjir Semarang Dipasang EWS, Waspada Bencana!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya