Comscore Tracker

Sembako Hingga Jamu Disiapkan Bagi Warga Semarang yang Terdampak COVID

Pembagian berdasarkan data Dinas Kesehatan

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang menyiapkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak virus corona (COVID-19). Paket sembako berupa beras, telur, minyak hingga jamu akan dibagikan kepada warga secara door to door.

1. Bantuan logististik diprioritaskan untuk ODP yang diisolasi di rumah

Sembako Hingga Jamu Disiapkan Bagi Warga Semarang yang Terdampak COVIDIDN Times/Aji

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya telah menyiapkan bantuan logistik untuk warga terdampak COVID-19 mulai yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif.

"Untuk tugas pengendalian logistik penanganan COVID-19 ini, bantuan kami titik beratkan bagi ODP yang diisolasi. Sebab, saat proses isolasi di rumah selama 14 hari otomatis mereka tidak bisa kemana-mana, maka kami bagikan sembako," ungkapnya melalui keterangan resmi, Kamis (26/3).

Baca Juga: [BREAKING] Pasien 1, 2, dan 3 Pulang, Menkes Beri Oleh-oleh Jamu dari Jokowi

2. Bagikan beras hingga jamu ke warga

Sembako Hingga Jamu Disiapkan Bagi Warga Semarang yang Terdampak COVIDFlickr.com/AnisaSetiati

Posko logistik yang dikelola oleh Dinas Sosial inu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan kecamatan di seluruh Kota Semarang untuk pendistribusian bantuan logistik. Adapun, komoditas yang disiapkan bagi warga terdampak virus corona antara lain, beras, telor, minyak goreng, mie instan, hingga jamu.

Hevearita menyampaikan, selain warga ODP pihaknya juga akan membagikan jamu ke warga umumnya. 

"Jadi, bagi warga ODP akan dapat logistik berupa sembako, sedangkan warga umumnya juga kami bagikan jamu empon-empon karena mereka tetap berada di rumah dan menjaga kesehatan. Adapun, pembagian akan dilakukan oleh masing-masing kecamatan kemudian didistribusikan ke kelurahan lalu dibagikan secara door to door ke rumah warga," jelasnya yang juga Wakil Wali Kota Semarang.

3. Dinas Sosial gunakan data dari Dinas Kesehatan agar bantuan tepat sasaran

Sembako Hingga Jamu Disiapkan Bagi Warga Semarang yang Terdampak COVIDIlustrasi (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sementara, Dinas Sosial Kota Semarang terus melakukan pencatatan terkait warga yang berhak menerima bantuan logistik. 

"Terkait pencatatan siapa warga berstatus ODP, PDP, positif virus corona kami gunakan data dari Dinas Kesehatan agar tepat sasaran. Setelah semua tercatat baru bantuan logistik didistribusikan kepada warga," Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Muthohar.

Baca Juga: Tolak Bala Virus Corona, Wali Kota Solo Ajak Kepala Dinas Cukur Gundul

Topic:

  • Anggun Puspitoningrum
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya