Comscore Tracker

Soal Isu Penghapusan Pelanggan Listrik 450 VA, Ini Jawaban PLN

Belum ada agenda pengalihan daya listrik

Semarang, IDN Times - Pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beredar isu penghapusan golongan pelanggan dengan daya listrik 450 VA. Menanggapi kabar tersebut, PT PLN (Persero) memastikan bahwa itu tidak benar. 

1. Daya listrik 450 VA tidak dinaikkan jadi 900 VA

Soal Isu Penghapusan Pelanggan Listrik 450 VA, Ini Jawaban PLNPetugas PLN siaga menjaga keandalan jaringan listrik (dok. PLN)

Direktur Utama PLN,  Darmawan Prasodjo mengatakan, tidak ada penghapusan golongan pelanggan dengan daya 450 VA. Daya listrik 450 VA juga tidak akan dinaikkan menjadi 900 VA dan tidak ada perubahan tarif listrik.

“Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap menjalankan keputusan tersebut,” ungkapnya dalam keterangan resmi kepada IDN Times, Senin (19/9/2022). 

Baca Juga: Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Kendaraan Dinas Pemprov Jateng

2. Belum ada diskusi soal perubahan daya listrik

Soal Isu Penghapusan Pelanggan Listrik 450 VA, Ini Jawaban PLNIlustrasi. Petugas mengecek meteran listrik. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Selama ini, lanjut dia, PLN sebagai pelaksana mandat ketenagalistrikan pemerintah tidak pernah membicarakan atau mendiskusikan mengenai perubahan daya listrik masyarakat.

Dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) antara Badan Anggaran DPR dan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan pada Senin (12/9/2022). tidak ada pembahasan formal apa pun atau agenda tentang pengalihan daya listrik 450 VA ke 900 VA. 

3. Jaga daya beli masyarakat

Soal Isu Penghapusan Pelanggan Listrik 450 VA, Ini Jawaban PLNPetugas Command Center PLN sedang melayani aduan pelanggan listrik. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Darmawan menegaskan, PLN terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah untuk melindungi masyarakat dalam mendapatkan listrik. 

“Kami memastikan pelayanan kelistrikan di Tanah Air tetap andal dan optimal, sehingga menjaga produktivitas dan daya beli masyarakat dalam masa pemulihan ekonomi di tengah meningkatnya harga komoditas energi dunia,” tandasnya.

Baca Juga: Pasokan Listrik Idul Adha di Jateng Aman, PLN Siagakan 3.716 Personel

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya