Comscore Tracker

Tak Punya HP, Kendala Pendaftar Kartu Prakerja di Semarang

Disnakertrans Kota Semarang membuka Posko Prakerja

Semarang, IDN Times - Sejumlah kendala ditemui oleh para pendaftar kartu prakerja di Kota Semarang. Berdasarkan pengamatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Semarang, sejak dibuka pendaftaran minggu lalu masih banyak pekerja yang belum bisa mendaftar secara online

1. Pendaftar kesulitan mendaftar secara online

Tak Punya HP, Kendala Pendaftar Kartu Prakerja di SemarangAlokasi anggaran Kartu Prakerja. IDN Times/Rahmat Arief)

Kepala Disnakertrans Kota Semarang, Sutrisno mengatakan, kendala pendaftar yang ditemui di lapangan antara lain tak sedikit dari para pendaftar belum bisa registrasi lantaran tidak punya gawai atau handphone. Selain itu, juga tidak cukup pengetahuan untuk mendaftar secara online

"Hal itu masih kami temui dalam beberapa hari ini. Mereka dengan berbagai latar belakang pendidikan masih bingung mengoperasionalkan handphone. Kemudian, tahapan proses yang panjang dalam pendaftaran juga membuat mereka butuh waktu lama untuk menyelesaikan," ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Rabu (15/4).

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

2. Tahapan proses pendaftaran yang panjang juga menjadi kendala

Tak Punya HP, Kendala Pendaftar Kartu Prakerja di SemarangUnsplash/Alex Kotliarskyi

Pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi dapat mendaftar dengan mengakses laman www.prakerja.go.id. Kemudian, mereka harus mengikuti tahapan. Mulai dari mengisi data diri, mengikuti tes singkat tentang motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. 

"Paling tidak butuh waktu sampai satu jam untuk melakukan proses tersebut. Itu jika lancar, kalau tidak tentu akan menghambat bagi pendaftar," tuturnya. 

3. Disnakertrans Kota Semarang membuka Posko Prakerja

Tak Punya HP, Kendala Pendaftar Kartu Prakerja di SemarangIlustrasi bekerja. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Melihat kondisi tersebut, Disnakertrans Kota Semarang akan mendirikan Posko Prakerja bagi pendaftar yang terkendala akses atau pendaftaran.

Sutrisno menuturkan, pihaknya akan mengirim surat ke perusahaan, kecamatan dan kelurahan. Apabila ada warga atau karyawan yang kesulitan mendaftar bisa langsung datang ke Disnakertrans Kota Semarang. 

"Kami akan dampingi dan fasilitasi. Sebab, harapan kami semua pekerja di Kota Semarang yang membutuhkan kartu prakerja ini bisa mendapatkannya. Walau seleksi tetap dilakukan di pemerintah pusat," katanya. 

4. Diharapkan 7.000 pekerja di Semarang bisa dapat kartu prakerja

Tak Punya HP, Kendala Pendaftar Kartu Prakerja di Semaranghttps://www.prakerja.go.id/

Sementara, tercatat ada 7.000 tenaga kerja di Kota Semarang dan sekitarnya yang membutuhkan kartu prakerja. Kendati demikian, Disnakertrans belum mengetahui dari jumlah tersebut berapa yang sudah mendaftar.

"Dengan pendampingan di Posko Prakerja harapannya memberikan kemudahan bagi mereka. Adapun, untuk mencegah penyebaran COVID-19 itu juga akan kami upayakan agar tidak berkerumun saat pendampingan," tandasnya.

Baca Juga: Pemilik Kartu Pra Kerja Mendapat Rp3,5 Juta, Ini Syaratnya

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya