Vaksin COVID-19 Kembali Tersedia di Semarang, Cek Lokasi Vaksinasi

Dinkes Semarang dapat realokasi 1.800 dosis dari Pemalang

Semarang, IDN Times - Vaksin COVID-19 kembali tersedia di Kota Semarang. Dinas Kesehatan Kota Semarang mendapat realokasi 1.800 dosis vaksin Pfizer dari Kabupaten Pemalang, Senin (17/10/2022). 

1. Stok vaksin cukup untuk 2 hari

Vaksin COVID-19 Kembali Tersedia di Semarang, Cek Lokasi Vaksinasiilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kepala Dinkes Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, pihaknya mendapat pasokan vaksin COVID-19 sebanyak 1.800 dosis untuk kebutuhan vaksinasi di Semaran yang sempat berhenti karena stok kosong. 

“Namun, jumlah stok vaksin yang tersedia ini hanya bisa bertahan dua hari,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (18/10/2022).

Kondisi ini karena kebutuhan vaksin COVID-19 di Kota Semarang mencapai 1.000 dosis per hari. Sehingga, kalau hanya mendapat 1.800 dosis diperkirakan ketahanannya hanya dua hari.

Baca Juga: Stok Vaksin Kosong! 26 Lokasi Vaksinasi di Semarang Tutup Sementara 

2. Tersedia di dua lokasi vaksinasi

Vaksin COVID-19 Kembali Tersedia di Semarang, Cek Lokasi VaksinasiPara petugas pakai baju hazmat melayani pasien COVID-19 yang berdatangan masuk Rumdin Walikota Semarang (dok. Relawan Psikososial Rumdin Semarang)

Kini 1.800 dosis vaksin telah dibagi di dua lokasi, yakni Puskesmas Pandanaran dan sentra vaksinasi Rumah Dinas Wali Kota. Masyarakat yang membutuhkan vaksin COVID-19 bisa mendaftar di victori.semarangkota.go.id.

"Vaksin Pfizer ini dapat digunakan untuk vaksin dosis 1 dan 2 mulai usia 12 tahun ke atas. Sedangkan untuk dosis 3 digunakan mulai usia 18 tahun ke atas," ujarnya.

Hakam menambahkan, pihaknya masih menunggu distribusi dari Kemenkes. Termasuk menantikan launching dari vaksin dalam negeri.

3. Dinkes Semarang tunggu distribusi vaksin dari Kemenkes

Vaksin COVID-19 Kembali Tersedia di Semarang, Cek Lokasi VaksinasiKepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

"Dari Kemenkes, seperti yang saya sampaikan itu masih menunggu ada distribusi dan distribusi vaksin dalam negeri. Belum tahu kapan, segera di-launching dan distribusi," katanya.

Sementara itu, capaian vaksinasi di Kota Semarang untuk suntikan pertama yaitu sudah 113,94 persen, suntikan kedua 104,24 persen, suntikan ketiga 65,15 persen.

Baca Juga: Stok Vaksin COVID-19 Jateng Menipis, Capaian Booster Cuma 32 Persen

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya