Perjalanan 3 KA dari Semarang Tersendat Efek Emplasemen Kena Banjir

Perjalanan KA ke arah Barat berangsur normal

Semarang, IDN Times - Sejumlah emplasemen di Stasiun Tawang Semarang masih tergenang air akibat hujan lebat yang terjadi pada Sabtu (6/2/2021). Akibatnya sejumlah kereta api belum bisa diberangkatkan di stasiun tersebut.

1. Ketinggian air di beberapa emplasemen masih tinggi

Perjalanan 3 KA dari Semarang Tersendat Efek Emplasemen Kena BanjirStasiun Tawang Semarang tergenang banjir. Dok. PT KAI Daop 4 Semarang

Berdasarkan keterangan resmi dari PT KAI Daop 4 Semarang yang diterima IDN Times, hingga Minggu (7/2/2021) pukul 06.00 WIB dilaporkan sejumlah emplasemen kereta api masih tergenang. Seperti emplasemen-emplasemen di daerah Stasiun Tawang, petak Tawang-Alastua (Ronggowarsito), dan petak Tawang-Alastua (Kaligawe).

Ketinggian air tertinggi ada di dua emplasemen Kaligawe yaitu km 2 + 7/0 jalur hulu ketinggian air +35 sentimeter dan km 2 + 7/0 jalur hilir ketinggian air + 38,5 sentimeter.

Di daerah lain genangan tertinggi mencapai 16 sentimeter.

Baca Juga: Merata, 10 Potret Semarang Dikepung Banjir, Jalur Pantura Sampai Putus

2. Jalur KA jarak jauh masih dialihkan

Perjalanan 3 KA dari Semarang Tersendat Efek Emplasemen Kena BanjirStasiun Tawang Semarang tergenang banjir. Dok. PT KAI Daop 4 Semarang

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang, Krisbiantoro menyebut genangan air di daerah Kaligawe Semarang masih cukup dalam sehingga dampaknya beberapa KA belum bisa melintas.

Adapun KA yang dialihkan rutenya adalah KA jarak jauh, adalah KA Argo Bromo Anggrek dan KA Dharmawangsa yang dialihkan melalui jalur selatan mulai Stasiun Gambringan menuju Solo.

Sedangkan KA Maharani dari Surabaya yang semestinya berakhir di Stasiun Tawang Semarang hanya berakhir di Stasiun Brumbung.

"Pola operasi, penumpang dialihkan dengan menggunakan bus," kata Krisbiyantoro.

3. KA ke arah Barat sudah berangsur normal

Perjalanan 3 KA dari Semarang Tersendat Efek Emplasemen Kena BanjirCalon penumpang di Stasiun Brumbung. Dok. PT KAI Daop 4 Semarang

Sementara itu, untuk KA lokal Kaligung tujuan Semarang-Tegal sudah berjalan normal.

"Untuk KA arah Barat sudah berangsur normal," imbuhnya.

Pada Minggu (7/2/2021), Kris menambahkan, KA Argo Muria tujuan Jakarta akan diberangkatkan pada pukul 16.00 WIB untuk mengakomodir sejumlah calon penumpang dari Semarang. 

"Keberangkatannya dari Stasiun Poncol," tandasnya.

Baca Juga: Sel Tahanan Banjir Selutut, 12 Napi di Lapas Bulu Semarang Direlokasi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya