Vaksinasi COVID-19 Sasar Difabel di Grobogan, Kejar Herd Immunity

Pas tahun baru diimbau tidak adakan pesta kembang api, ya

Grobogan, IDN Times - Polsek Grobogan berupaya melakukan percepatan capaian vaksinasi COVID-19 untuk herd immunity atau kekebalan komunal dengan menyasar kalangan difabel di Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

1. Sempat khawatir tidak bisa divaksinasi COVID-19

Vaksinasi COVID-19 Sasar Difabel di Grobogan, Kejar Herd Immunityilustrasi vaksinasi (smartparenting.com)

Personel dari Polsek Grobogan bersama tim medis dan perangkat desa setempat menjemput bola dengan door to door ke rumah-rumah difabel. Mereka salah satunya mendatangi rumah Fitri (26), warga Dusun Juwono, Desa Karangrejo

Bersama dengan perangkat Desa Karangrejo, Wakapolsek Grobogan, Iptu Candra Bayu Septi mendatangi rumah Fitri, 26 tahun, warga Dusun Juwono, Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan.

Fitri sebelumnya khawatir dirinya tidak bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19, bak manusia normal lainnya. Kedatangan mereka membuatnya bisa bernapas lega karena memudahkan untuk menerima vaksin virus corona.

"Saya mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu dan otomatis sekarang saya tidak bisa berjalan. Saya senang sudah diberikan vaksin COVID-19 ini, meskipun petugasnya harus datang ke sini,” ucapnya.

2. Upaya percepatan vaksinasi virus corona

Vaksinasi COVID-19 Sasar Difabel di Grobogan, Kejar Herd ImmunityVaksinasi door to door kalangan difabel di Grobogan. (tribratanews.jateng.polri.go.id)

Wakapolsek Grobogan, Iptu Candra menyebut, segala bentuk upaya terus dilakukan pihaknya bersama bersama TNI, tim medis, dan perangkat desa di wilayah Kecamatan Grobogan untuk menggenjot vaksinasi COVID-19 di daerah tersebut.

“Yang bersangkutan ini tidak bisa berjalan karena mengalami kelumpuhan permanen akibat kecelakaan beberapa waktu lalu, sehingga kami berinisiatif untuk mendatangi dan yang bersangkutan bisa mendapatkan vaksin COVID-19 ini,” katanya  dilansir laman resmi Tribrata Polda Jateng, Kamis (9/12/2021).

3. Warga diimbau tidak adakan pesta kembang api

Vaksinasi COVID-19 Sasar Difabel di Grobogan, Kejar Herd ImmunityIlustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Chandra menyatakan, pihaknya mengaku akan terus turun untuk jemput bola untuk warga yang secara geografis lokasi rumahnya jauh dengan lokasi sentra vaksinasi atau tidak terlayani lantaran terkendala moda transportasi.

“Bagi yang rumahnya jauh dari lokasi vaksinasi atau tidak bisa terlayani dengan moda transportasi, kami melakukan upaya jemput bola dengan menggunakan fasilitas mobil patroli yang kita miliki,” ujar Iptu Candra.

Pihaknya berharap, seluruh masyarakat di Kabupaten Grobogan ini bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19, sehingga bisa mencapai target cakupan vaksinasi sebanyak 100 persen.

“Kita juga terus memaksimalkan sosialisasi untuk taat protokol kesehatan 3M maupun 5M dan pada saat momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, meski ada pembatalan kebijakan PPKM Level 3, kita juga sosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak menggelar pesta kembang api dan sebagainya,” imbuhnya.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya