Comscore Tracker

Antisipasi Lonjakan COVID-19, Ganjar Minta Stok Vaksin di Tegal Dihabiskan

Ruangan ICU dan isolasi COVID-19 di Tegal ditambah

Tegal, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal bersiaga menghadapi potensi lonjakan penularan COVID-19 di wilayahnya. Menurut orang nomor satu di Jateng itu, antisipasi yang mesti dilakukan adalah dengan menambah jumlah tempat tidur di rumah sakit serta memperbanyak ruang isolasi COVID-19 di setiap bangsal maupun ruangan Intesive Care Unit (ICU).

"Siapkan juga isolasi terpusat dan operasi justisi harus terus ditingkatkan. Begitu jumlah BOR naik, segera buat kontijensi plan. Saya minta masyarakat mendukung dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat," ungkapnya, Kamis (11/6/2021).

1. Ganjar minta tambahan vaksinasi untuk Kota Tegal

Antisipasi Lonjakan COVID-19, Ganjar Minta Stok Vaksin di Tegal DihabiskanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Ganjar menyebut proses vaksinasi di Kota Tegal saat ini harus dipercepat. Langkah yang bisa diambil yaitu untuk tidak menyimpan stok vaksin terlalu banyak. Sebab, ia mengaku sudah mengajukan penambahan vaksin kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Termasuk yang masuk zona merah, saya sudah mintakan tambahan vaksin ke Kemenkes. Nanti segera dikirim, sehingga kita bisa lakukan percepatan," katanya.

Baca Juga: Viral! Vaksinasi COVID-19 di Semarang Undang Kerumunan Warga

2. Stok vaksin di Kota Tegal diminta dihabiskan

Antisipasi Lonjakan COVID-19, Ganjar Minta Stok Vaksin di Tegal DihabiskanGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memantau vaksinasi lansia di Tegal. Dok Humas Pemprov Jateng

Lebih lanjut, Ganjar telah memerintahkan kepada seluruh Forkompimda Kota Tegal untuk meningkatkan percepatan vaksinasi. Stok vaksin yang masih ada saat ini, katanya, diminta segera dihabiskan. Proses vaksinasi juga diharapkan bisa dikerjakan dengan menyasar para lansia.

"Stok yang ada, habiskan semuanya. Prioritaskan lansia atau mereka yang punya komorbid (red: penyakit penyerta). Kumpulkan semuanya kemudian divaksin. Bisa dengan cara seperti ini, vaksinasi didekatkan ke puskesmas-puskesmas," beber Ganjar.

3. Sekda Tegal siapkan tempat isolasi terpusat bagi pasien COVID-19

Antisipasi Lonjakan COVID-19, Ganjar Minta Stok Vaksin di Tegal DihabiskanSejumlah lansia saat ikut vaksinasi di Kota Tegal. Dok Humas Pemprov Jateng

Ketika mengecek kondisi Puskesmas Kaligangsa Tegal, dirinya menekankan bahwa vaksinasi terus digenjot agar targetnya bisa terpenuhi.

"Ini gerakan bersama untuk percepatan vaksinasi. Di Puskesmas Kaligangsa ini bagus, karena masyarakat khusus lansia dibawa ke puskesmas untuk divaksin," ujar Ganjar.

Sementara itu, Sekda Kota Tegal Johardi mengatakan telah berusaha menambah tempat tidur di ICU atau ruang isolasi. Tempat isolasi terpusat juga diklaim telah disiapkan.

"Sudah kami lakukan penambahan tempat tidur di rumah sakit. Kami juga siap memperketat protokol kesehatan dengan cara operasi justisi," pungkasnya.

Baca Juga: Pengumuman Lowongan CPNS Kabupaten Tegal, Rekrut 1.515 Formasi CASN  

https://www.youtube.com/embed/ewiwC7giMzg

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya