Cerita Edo Kondologit Debat dengan Denny Malik saat Nonton Sinden Papua

Edo jadi juri Festival Nusantara Gemilang

Semarang, IDN TimesPolda Jawa Tengah terpilih menjadi tim dengan penampilan terbaik pada ajang Festival Nusantara Gemilang yang digelar Mabes Polri di Jakarta, Selasa (28/6/2022). Sebagai salah satu juri festival tersebut, penyanyi Edo Kondologit terkesima dengan penampilan anak-anak Papua yang luwes menyanyikan tembang Jawa. 

1. Edo Kondologit jadi juri bersama Denny Malik dan Noela

Cerita Edo Kondologit Debat dengan Denny Malik saat Nonton Sinden Papuainstagram.com/edokondologitt

Ada satu dari total lima anak Papua yang bisa melantunkan tembang Jawa mirip seorang sinden. Menurut Edo, penampilan menawan anak Papua yang ikut tim Polda Jawa Tengah menjadikan sebagai tim penampilan terbaik. 

"Jawa Tengah kami pilih sebagai tim dengan penampilan terbaik. Kami dari dewan juri, saya, Denny Malik dan Noela banyak berdebat untuk menentukan yang terbaik. Bagi kami, tiga tim yang maju final yakni Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Utara, adalah memang yang terbaik," ujar Edo Kondologit dalam keterangan yang didapat IDN Times

Baca Juga: Kolaborasi dengan Millennial, Polda Jateng Tampil di Nusantara Gemilang 2022

2. Tim Polda Jateng tampilkan teatrikal Sumpah Palapa

Cerita Edo Kondologit Debat dengan Denny Malik saat Nonton Sinden PapuaBendera merah putih dibentangkan saat acara Festival Nusantara Gemilang. (IDN Times/bt)

Dalam penampilannya, tim Polda Jawa Tengah mengusung tema keberagaman yang dipersatukan oleh Sumpah Palapa atau sumpah yang diucapkan Mahapatih Kerajaan Majapahit Gajah Mada.

Untuk penampilan lima anak Papua, menurut Edo, Polda Jawa Tengah juga menunjukkan keberagaman Indonesia melalui talent-talent yang diterjunkan. Termasuk dengan lantunan lagu Indonesia Pusaka dari awal hingga akhir serta aransemen musik dan gerak tari dari berbagai daerah.

Selain menjadi penampil terbaik, tim Polda Jawa Tengah juga menjadi tim favorit pilihan juri dan netizen. 

3. Edo Kondologit sebut seleksi festival cukup ketat

Cerita Edo Kondologit Debat dengan Denny Malik saat Nonton Sinden PapuaPenyanyi Edo Kondologit (Instagram/Edokondoligitt)

Edo menyebut, proses seleksi festival Nusantara Gemilang berlangsung ketat. Dari 34 Polda yang mengirimkan materi, para juri hanya mengambil 14 tim untuk karantina dan pelatihan langsung oleh Denny Malik, Nowela dan Edo Kondologit. Lalu dipentaskan melalui seleksi penyisihan pada Minggu (26/6/2022). 

Oleh Edo, dari 14 tim tersebut, pihak Juri harus mengambil 3 tim terbaik sebagai Juara.

"Proses seleksi sangat ketat, dari 34 tim Polda, kami harus ambil 14 tim kemudian kami seleksi lagi untuk menghasilkan 3 tim terbaik sebagai juaranya. Buat saya ini mengharukan karena dari awal saya melihat indahnya keberagaman Indonesia dalam budayanya," jelas Edo.

4. Tim Polda Jateng dapat hadiah dari Kapolri dan Sandiaga Uno

Cerita Edo Kondologit Debat dengan Denny Malik saat Nonton Sinden Papua

Atas keberhasilan ini, tim Polda Jawa Tengah sebagai tim penampil terbaik mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp100 juta, uang tunai Rp10 juta. Penyerahan hadiah dilakukan Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo. 

Tak cuma itu saja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir juga langsung memberikan hadiah tambahan berupa uang tunai Rp50 juta.

"Terima kasih atas perhatian dari Kapolri dan jajaran kepada tim Polda Jawa Tengah. Sungguh ini membanggakan untuk kami berhasil menjadi yang terbaik hanya dengan persiapan selama sepekan. Keberhasilan juga tak lepas dari arahan Kapolda dan Wakapolda Jawa Tengah yang terus memantau dan melakukan evaluasi bersama kami sebagai tim kreatif," kata Dirbinmas Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi Lafri Prasetyono. 

Baca Juga: Menang Gugatan, Polda Jateng Kosongkan 9 Rumah Dinas di Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya