Comscore Tracker

Dapat Titel HC, Puan Maharani: Saya Diwarisi Politik dari Keluarga

Dua facultative usulkan gelar buat Puan

Semarang, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkapkan pemberian gelar doktor honoris causa yang ia dapatkan dari Undip, tak lepas dari perannya dalam berkontribusi memajukan kebudayaan bangsa Indonesia. 

 

1. Puan klaim pelaksanaan Asian Games 2018 jadi succses story

Dapat Titel HC, Puan Maharani: Saya Diwarisi Politik dari Keluarga(Indonesia sukses jadi tuan rumah Asian Games 2018) INASGOC/ANTARA FOTO

Puan berkata dirinya selama menjadi Menko Pembangunan Kebudayaan Manusia (Menko PMK) ikut terlibat menyukseskan penyelenggaraan ajang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Ia mengenang waktu itu harus berusaha memastikan agar semua asupan makanan yang dikonsumsi para atlet dapat terjamin dengan baik.

"Dalam prakteknya, gerakan nasional Revolusi Mental menjadi succses story saat pelaksanaan Asian Games 2018. Mulai pembangunan infrastruktur, mengelola kenyamanan, mengelola ketertiban hingga teknologi dan manajemen 16.000 relawan," katanya saat berpidato diatas podium Gedung Prof Sudharto Undip, Jumat (14/2).

Baca Juga: Megawati Temani Puan saat Penyerahan Gelar Doktor Honoris Causa Undip

2. Puan Maharani: Saya cuma diwarisi politik oleh keluarga

Dapat Titel HC, Puan Maharani: Saya Diwarisi Politik dari Keluarga(Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Ia mengatakan pemberian gelar kehormatan dari Undip menjadi sebuah capaian luar biasa bagi dirinya. Sebab, Puan mengaku dirinya bukanlah sosok ilmuwan. Melainkan hanya seorang politisi yang diwarisi ilmu berpolitik dari keluarganya.

"Ini suatu kebanggaan bagi saya. Karena saya bukanlah seorang ilmuwan yang dibekali segudang pengetahuan. Tetapi hanyalah politik yang diberikan oleh keluarga saya," akunya.

Baca Juga: Senat Undip: Gelar Doktor Honoris Causa Puan Maharani Tidak Tiba-tiba

3. Ada dua fakultas yang usulkan gelar kehormatan buat Puan

Dapat Titel HC, Puan Maharani: Saya Diwarisi Politik dari Keluargawww.kampusundip.com

Puan juga mengapresiasi atas apa yang dilakukan Undip selama ini. Termasuk saat FISIP dan FIB mengusulkan pemberian doktor honoris causa bidang kebudayaan kepada dirinya terkait kebijakan publik. 

Walau demikian, ia menerangkan bahwa pemberian gelar tersebut terbilang cukup lama. Karena kajian mengenai kebudayaan nasional sudah ia lakukan sejak masih jadi Menko PMK.

"Kita ketahui bersama bahwa selama 63 tahun berdiri, baru 13 orang yan terima doktor honoris causa. Maka kalau sekarang saya sudah berganti posisi menjadi ketua DPR, padahal itu sudah saya sampaikan saat saya jadi Menko PMK. Ini sebuah hal membahagiakan buat saya. Karena jasa anak bangsa bisa mendapat apresiasi," akunya.

4. Puan janji pantau penggunaan anggaran pendidikan

Dapat Titel HC, Puan Maharani: Saya Diwarisi Politik dari KeluargaInstagram/Puanmaharaniri

Ke depan, Puan berjanji akan memantau penggunaan anggaran pendidikan yang diberikan porsi sebesar 20 persen oleh pemerintah pusat.

Ia akan mendorong penggunaan anggaran pendidikan supaya tepat sasaran dan tepat guna. "Dari pengalaman sebelumnya, anggarannya tidak pernah tepusat tapi ada di banyak tempat, jadinya sasarannya tidak fokus. Maka akan saya dorong sebagai ketua DPR agar nantinya bisa fokus diberikan yang tepat sasaran," pungkasnya.

Baca Juga: Puan Maharani Diberi Gelar Doktor Honoris Causa Undip, Ini Alasannya

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya