Comscore Tracker

Eks Napi Teroris Beri Bantuan Masker Batik Cegah Penyebaran COVID-19

Sehari bisa bikin ratusan buah

Semarang, IDN Times - Sejumlah mantan narapidana terorisme (eks napiter) yang tergabung dalam Yayasan Gema Salam memberikan bantuan ratusan masker bermotif batik kepada Pemprov Jateng. 

Masker batik buatan eks napiter diterima langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai upaya menanggulangi penularan virus Corona (Covid-19).

1. Jack Harun: Kita ingin bantu meski dalam bentuk kecil

Eks Napi Teroris Beri Bantuan Masker Batik Cegah Penyebaran COVID-19Dok. Humas Pemprov Jawa Tengah

Joko Tri Harmanto alias Jack Harun, seorang eks napiter mengungkapkan terdapat 350 masker batik yang diberikan kepada Pemprov. Selain itu, masih ada pula 1.000 masker kain kaos yang digelontorkan untuk membantu warga mencegah penularan virus Corona.

"Kami ingin membantu meskipun dalam bentuk yang kecil. Harapannya ini bisa membantu masyarakat agar menaati peraturan pemerintah untuk mengenakan masker," ujar Jack dalam keterangan yang didapat IDN Times, Senin (13/4).

Baca Juga: Tangkal COVID-19, Masker Kain Dua Lapis Sama Ampuh dengan Masker Bedah

2. Para eks napiter sehari bisa produksi 100 masker

Eks Napi Teroris Beri Bantuan Masker Batik Cegah Penyebaran COVID-19Ganjar menunjukan baju hazmat hasil bantuan masyarakat. Dok Humas Pemprov Jateng

Ia bilang saban hari ada dua eks napiter yang turut membantu menjahit masker. Selain itu, masih ada beberapa rekannya yang membantu memotong lembaran kain dan merapihkan jahitan maskernya.

Dalam sehari, katanya ia dan rekan-rekannya mampu mengerjakan 100 masker. Kalau selama sepekan jumlah masker yang berhasil diproduksi oleh para eks napiter mencapai 1.000 buah.

"Ini jahit sendiri, untuk yang ikut menjahit ada dua orang, yang lain bantu kaos dan alat lainnya. Bahannya dari sisa jahitan kaos dan baju batik lalu kita bikin masker buat bantu warga," terangnya.

3. Ganjar juga terima bantuan APD dari berbagai pihak Termasuk 2.000 antiseptik

Eks Napi Teroris Beri Bantuan Masker Batik Cegah Penyebaran COVID-19Antiseptik berupa hand sanitizer yang dibagikan Gojek Medan kepada 3000 mitranya secara bertahap (IDN Times/Dok. Istimewa)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan selain dapat ribuan masker, pihaknya juga menerima bantuan dari grup Cimory, United Bike, dan PT Pesona Wisata Jateng yang memberikan 1.500 APD dan 5.000 botol susu untuk tenaga medis. Ada juga bantuan 2.000 hand sanitizer dari PT Kosmetika Tama Super Indah.

Ia menambahkan bantuan masker cukup membantu bagi tenaga medis yang berada di benteng terakhir penanggulangan virus Corona.

"Saya tidak pernah menghitung jumlahnya, satu pun kalau itu diberikan dengan ikhlas dan ingin disumbangkan untuk kemanusiaan, buat saya itu seperti sejuta masker yang diberikan bahkan lebih. Terpenting ketulusan hati, niat baik, dan ini bagian dari sakitnya bangsa, sakitnya negara, deritanya rakyat, kita semua menanggung bersama," ujar Ganjar.

Baca Juga: Izin di TMP Sulit, Ganjar Usul Nakes Virus Corona Diberi Bintang Jasa

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya