Comscore Tracker

Gerhana Matahari Cincin, Waktu Melihat Gerhana di Semarang dan 12 Daerah di Jateng

13 daerah dilewati gerhana matahari cincin

Semarang, IDN Times - Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) diperkirakan bakal muncul di langit Jawa Tengah hari ini, Minggu (21/6). Stasiun BMKG Geofisika Banjarnegara menyebutkan terdapat 13 daerah yang akan dilalui GMC.

1. Ada 13 daerah Jateng yang dilewati gerhana matahari cincin

Gerhana Matahari Cincin, Waktu Melihat Gerhana di Semarang dan 12 Daerah di JatengDaftar 13 daerah yang dilewati gerhana matahari cincin 2020. Dok BMKG Stasiun Geofisika

Kepala Stasiun BMKG Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayogie mengungkapkan daerah yang saat ini dilewati gerhana matahari cincin yaitu di area Kota Semarang, Ungaran, Pekalongan, Batang, Kendal, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Purwodadi, Sragen, Rembang dan Blora.

"Untuk gerhana matahari total selalu berulang setiap 18 bulan sekali. Tapi untuk hari ini bertepatan dengan munculnya GMC. Karena lagi darurat COVID-19, maka pengamatannya harus mentaati protokol kesehatan. Sehingga bisa antisipasi penyebaran virusnya. Terutama digunakan bagi observer BMKG yang melakukan pengamatan," ujar Aji, sapaan akrabnya kepada IDN Times.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Kusuf Gerhana Matahari Cincin 21 Juni

2. Proses pengamatan GMC dilakukan di 21 pos BMKG. Termasuk di MAJT

Gerhana Matahari Cincin, Waktu Melihat Gerhana di Semarang dan 12 Daerah di JatengMAJT jadi pusat pengamatan GMC 2020. Dok BMKG Stasiun Geofisika

Pihaknya mengatakan proses pengamatan GMC dilakukan di 21 pos BMKG di Indonesia. Untuk Jawa Tengah, Aji berkata Pos Pengamatan GMC dipusatkan di menara Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Aji menjelaskan nantinya terdapat tiga petugas pengamatan gerhana yang didatangkan langsung dari kantor pusat BMKG. "Ada tiga orang petugas dari BMKG pusat yang langsung melakukan pengamatan hilal di MAJT," katanya.

3. Kota Semarang dilewati GMC pukul 15.17 WIB

Gerhana Matahari Cincin, Waktu Melihat Gerhana di Semarang dan 12 Daerah di Jatengunsplash/Jason Howell

Fenomena GMC, ia menyebutkan akan muncul dengan durasi beberapa menit saja. Ia mencontohkan di Semarang GMC muncul tepat pukul 15.17 WIB. Di Pekalongan muncul pukul 15.16 WIB. Di Batang muncul pukul 15.16, di Kendal muncul pukul 15.17.


"Ada 13 daerah yang dilewati Gerhana Matahari Cincin. Rata-rata kemunculannya pada sore hari. Kita imbau warga untuk melakukan pengamatan menggunakan protokol COVID-19," jelasnya. 

4. Indonesia dilewati enam gerhana sampai akhir Desember 2020

Gerhana Matahari Cincin, Waktu Melihat Gerhana di Semarang dan 12 Daerah di Jatengunsplash/Jongsun Lee

Ia menambahkan selain GMC, wilayah Indonesia tahun ini dilewati enam fenomena gerhana matahari dan bulan. Masing-masing yaitu gerhana bulan penumbra pada 11 Januari 2020, gerhana bulan penumbra pada 6 Juni, gerhana matahari cincin pada 21 Juni, gerhana bulan penumbra pada 5 Juli, gerhana bulan penumbra 20 November dan gerhana matahari total pada 14 Desember 2020.

"Kalau gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi akibat dr pergerakan dinamis posisi matahari, bumi, dan bulan pada fase bulan baru yang dapat diprediksi sebelumnya," tandasnya.

Baca Juga: Gerhana Matahari, Patuhi Protokol Kesehatan saat Gelar Salat Kusuf

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya