Comscore Tracker

Jalur Pendakian 3 Gunung Dibuka, Khusus buat Daerah PPKM Level 2

Waspadai hujan lebat di lokasi pendakian

Semarang, IDN Times - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah menyatakan telah membuka jalur pendakian di tiga gunung api yang masuk status PPKM Level 3. Kepala Seksi Destinasi Pariwisata Disporapar Jateng, Riyadi Kurniawan mengatakan pembukaan jalur pendakian saat ini dilakukan di Gunung Lawu, Gunung Slamet dan Gunung Merbabu.

Di lokasi tiga gunung tersebut, pihaknya upaya pengawasan terhadap para pendaki dilakukan dengan ketat guna mengantisipasi lonjakan penularan COVID-19 terutama ketika libur Natal dan pergantian tahun 2021.

"Pendakian yang kita buka hanya untuk kabupaten/kota level 2. Tediri dari Gunung Merbabu, Gunung Slamet dan Gunung Lawu. Setiap pendaki telah diwajibkan disiplin dengan menggunakan masker dan dicek suhu tubuhnya saat berada di base camp," katanya, Senin (29/11/2021).

 

1. Pendaki diminta waspadai hujan lebat akhir-akhir ini

Jalur Pendakian 3 Gunung Dibuka, Khusus buat Daerah PPKM Level 2(Ilustrasi Karhutla) ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Ia menjelaskan pendakian gunung masih dibatasi maksimal puluhan orang setiap harinya. 

Para pendaki juga diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati mengingat berdasarkan informasi BMKG, sejumlah daerah akan diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat.

Baca Juga: 7 Fakta dan Mitos Gunung Merbabu, Jalur Pendakian dan Tips Mendaki  

2. Acara tahun barunan dilarang

Jalur Pendakian 3 Gunung Dibuka, Khusus buat Daerah PPKM Level 2unsplash

Lebih lanjut, menurutnya kabupaten/kota perlu memetakan tempat wisata yang menjadi jujugan utama pariwisata dengan memberlakukan pengawasan khusus oleh lintas sektor.

"Dari Pemprov Jawa Tengah sudah membuat surat edaran untuk melarang penyelenggaraan event tahun baru. Bagi tempat wisata wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi," jelasnya.

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan dengan dibukanya sektor wisata secara terbatas. "Percepatan vaksin juga kami lakukan, untuk warga diharapkan tetap taati prokes," jelasnya.

3. BPBD cegah lonjakan wisatawan saat libur akhir tahun

Jalur Pendakian 3 Gunung Dibuka, Khusus buat Daerah PPKM Level 2Ilustrasi wisatawan candi Borobudur. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Sedangkan, Pelaksana Tugas Kepala BPBD Jateng, M Syafrudin menyampaikan pihaknya sedang berusaha mengantisipasi lonjakan wisatawan saat libur Natal dan pergantian tahun 2021. 

"Kita petakan dulu kawasan wisata mana aja yang rawan penularan COVID-19. Kita batasi kunjungannya. Kita juga bersama Satpol PP akan cegah membludaknya wisatawan saat libur akhir tahun," tandasnya.

Baca Juga: Jateng Dilanda Hujan Lebat Sampai 5 Hari Dampa Gelombang MJO Menguat

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya