Comscore Tracker

Keren! Pasar Bintoro Demak Terapkan Physical Distancing Selama Sebulan

Aturan jaga jarak untuk mengurangi kerumunan

Demak, IDN Times - Setelah pedagang Pasar Pagi Salatiga menerapkan jaga jarak alias physical distancing, mulai hari ini, Rabu (29/4), para pedagang yang berjualan di Pasar Bintoro Demak juga ikut-ikutan menerapkan perilaku serupa.

1. Physical distancing di Pasar Bintoro diterapkan sampai akhir Mei 2020

Keren! Pasar Bintoro Demak Terapkan Physical Distancing Selama SebulanJalan utama Raden Patah Demak didesain untuk jaga jarak pedagang Pasar Bintoro Demak. Dok Instagram Demakhariini

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah, Arif Sambodo mengungkapkan, penerapan protokol kesehatan dengan berjaga jarak sudah mulai diterapkan oleh pedagang Pasar Bintoro sejak Rabu dini hari tadi.

Ia mengklaim aturan itu dibuat oleh pengelola pasar yang akan diberlakukan sampai 29 Mei nanti. "Sudah ada edaran Bupati dan diagramnya," kata Arif.

Baca Juga: Pasar Salatiga Terapkan Physical Distancing Agar Ekonomi Tak Lumpuh

2. Pelaksanaan jaga jarak antar pedagang diawasi Satpol PP

Keren! Pasar Bintoro Demak Terapkan Physical Distancing Selama SebulanPoster aturan physical distancing di Pasar Bintoro. Dok Instagram Demakhariini

Ia menjelaskan physical distansing di Pasar Bintoro dimulai dari jalan raya utama yang menghubungkan wilayah alun-alun Demak dengan ruas jalan menuju Kudus. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk memperketat pengawasan bagi para pedagang yang berjualan di Pasar Bintoro. 

"Misal yang pedagang sayur pagi hari, pedagang beras dan daging siang hari. Satpol PP Linmas juga diminta mendukung melakukan pengawasan," katanya.

Arif beralasan pembuatan aturan physical distansing sebenarnya sudah disebarluaskan ke semua pasar sejak awal bulan ini. Terlebih lagi ada kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di area Semarang Raya.

Pihaknya pun menginstruksikan kepala pasar diminta untuk memberi jarak, mengatur jam operasional serta pemanfaatan belanja daring. 

3. Ganjar mengaku physical distancing di dua pasar meniru konsep di Myanmar

Keren! Pasar Bintoro Demak Terapkan Physical Distancing Selama SebulanGanjar menemui penghuni asrama mahasiswa di Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Sedangkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, aturan physical distancing di Pasar Bintoro diadopsi dari pelaksanaan serupa yang ada di Myanmar. Ia mengaku terinspirasi membuat kebijakan seperti di Myanmar karena lebih efektif menanggulangi penularan virus Corona (COVID-19).

"Setelah saya lihat di Myanmar saya share ke bupati dan walikota. Ternyata Salatiga yang bisa lakukan aturan itu. Walau belum sempurna, nanti kita awasi," bebernya.

4. Ganjar minta warganya menyesuaikan diri selama pandemik

Keren! Pasar Bintoro Demak Terapkan Physical Distancing Selama SebulanSituasi jaga jarak antar pedagang di Pasar Bintoro Demak. Dok Instagram demakhariini

Ganjar menyebut, selama pandemik COVID-19, masyarakat harus mau menyesuaikan diri agar aktivitas perekonomian setempat dapat berjalan lancar.

"Paradigmanya harus kita ubah bila hidup dengan COVID-19. Apakah akan ambil PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) artinya kerumunan sama sekali tak boleh, suasana sepi ekonomi terpuruk Atau cara lain seperti Semarang Raya atau Banyumas yang bikin perda. Maka kita harus move on," tutupnya.

Baca Juga: 5 Tips Berbelanja di Pasar Selama Wabah COVID-19, Tetap Jaga Jarak! 

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya