Lapas Semarang Overload, 58 Napi Narkoba Pindah Penjara di 5 Tempat

Ada 1.706 napi narkoba mendekam di Lapas Kedungpane Semarang

Semarang, IDN Times - Sebanyak 58 narapidana kasus narkoba yang meringkuk di Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang dipindahkan ke sejumlah daerah guna menekan angka overload di lapas terbesar di Jawa Tengah tersebut. Proses pemindahan para narapidana dikawal ketat aparat kepolisian serta anggota Koramil Ngaliyan. 

1. Jumlah sipir dan napi tidak ideal

Lapas Semarang Overload, 58 Napi Narkoba Pindah Penjara di 5 TempatPuluhan napi narkoba dikumpulkan sebelum dipindah ke lima lapas di Jawa Tengah. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Supriyanto, Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane menyebut dengan jumlah penghuni yang sudah melebihi kapasitas, ketersediaan petugas sipir dengan narapidana selama ini tidak seimbang.

"Di lapas kita, jumlah regu pengamanan ada 13 petugas pada masing-masing jadwal regu jaga. Jelas situasi ini sangat tidak seimbang jika dilihat jumlah penghuni yang ada saat ini," ujar Supriyanto dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Geger! Ratusan Pil Penenang Riklona Diselundupkan di Lapas Kedungpane

2. Sebanyak 58 napi dipindah ke Karanganyar sampai Nusakambangan

Lapas Semarang Overload, 58 Napi Narkoba Pindah Penjara di 5 TempatANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Ia mengungkapkan terdapat 58 narapidana narkoba yang kini dipindahkan ke sejumlah lapas dengan diangkut sebuah bus berkapasitas besar pada Rabu (28/4/2021).

Supriyanto menyebut sekitar 18 narapidana diantaranya dipindahkan ke Lapas Karanganyar, 15 narapidana dipindah ke Rutan Batang, 15 narapidana dipindah ke Lapas Slawi serta 10 narapidana dipindah ke Lapas Brebes.

"Ada juga warga binaan yang kita pindah ke NK (Nusakambangan)," cetusnya.

Ia beralasan proses pemindahan juga dimanfaatkan untuk menindaklanjuti perintah Kepala Kemenkumham Jateng yang ingin melakukan pembinaan serta mencegah peredaran narkoba di dalam Lapas Kedungpane.

"Kita pindahkan 58 warga binaan agar bisa memutus mata rantai peredaran narkoba yang disinyalir melibatkan oknum-oknum narapidana," terangnya.

3. Ada 1.706 napi yang meringkuk di Lapas Kedungpane Semarang

Lapas Semarang Overload, 58 Napi Narkoba Pindah Penjara di 5 TempatPara narapidana Lapas Kedungpane menenteng tasnya masing-masing saat digiring menuju bus untuk dipindahkan ke sejumlah lapas. Dok Humas Lapas Kedungpane

Lebih jauh, ia mengatakan situasi yang terjadi saat ini, dengan total daya tampung hanya 663 orang, jumlah narapidana dan tahanan di lapasnya sudah mencapai 1.706 jiwa.

"Ya memang sekarang Lapas Kedungpane sudah kelebihan kapasitas. Tapi kita berusaha tahapan pemindahan narapidana tetap dilakukan dengan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang berlaku," ujar Supriyanto.

Dengan segala keterbatasan jumlah sipir, pihaknya mengklaim masih berkomitmen semangat menjalankan tugas sekaligus memberi pelayanan yang maksimal kepada narapidana. "Kita harus perang melawan narkoba," tukasnya.

Baca Juga: 180 Napi Kedungpane Rehabilitasi Sosial Hilangkan Kecanduan Narkoba

https://www.youtube.com/embed/LhW5B7r8Nf4

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya