Miris! Vaksinasi Tahap Pertama, Baru 20 Nakes di Brebes yang Disuntik

Proses vaksinasi di Jawa Tengah meleset dari target

Semarang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah masih terus mengebut target ketercapaian vaksinasi tahap pertama. Berdasarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, target vaksinasi tahap pertama yang menyasar 166.104 tenaga kesehatan (nakes), hingga Rabu (17/1/2021) baru 86.576 orang atau masih kurang 79.528 nakes yang belum divaksinasi Sinovac atau mas

1. Sebanyak 5.896 nakes batal divaksinasi gara-gara punya darah tinggi

Miris! Vaksinasi Tahap Pertama, Baru 20 Nakes di Brebes yang Disuntikalodokter.com

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo beralasan kondisi tersebut lantaran masih banyak nakes terkendala faktor kesehatan sehingga tertunda proses penyuntikan vaksinnya.

"Sisanya masih ada sebanyak 4.988 nakes yang ditunda. Karena setelah dicek, tensinya tinggi, dia baru bisa disuntik tiga hari kemudian kalau memang benar-benar sudah normal," ungkapnya dalam rekaman suara yang didapat IDN Times, Kamis (28/1/2021).

Yulianto juga menyebut dari jumlah nakes yang belum divaksinasi, ada 5.896 nakes yang kedapatan memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Selain itu juga terdapat 30 nakes dalam keadaan masih menyusui bayi dan seorang nakes sedang hamil.

Baca Juga: Jateng Dijatah 421 Ribu Vaksin, Kelompok Ini yang Akan Jadi Prioritas

2. Sampai hari ini cuma ada 20 nakes yang divaksin di Brebes

Miris! Vaksinasi Tahap Pertama, Baru 20 Nakes di Brebes yang DisuntikPetugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. ANTARA FOTO/Jojon

Secara keseluruhan Yulianto menyatakan proses vaksinasi tahap pertama di Jateng baru 52 persen. Vaksinasi tertinggi dilakukan di Kota Surakarta (Solo) yakni sebanyak 74,53 persen, Kabupaten Batang mencapai 65,8 persen, Kabupaten Cilacap 65,6 persen, Kota Semarang sekitar 53 persen.

Pihaknya mengakui bahwa beberapa daerah masih melakukan vaksinasi sangat minim. Seperti di Kabupaten Brebes yang hanya 20 nakes atau 0,13 persen. Kemudian Kabupaten Pekalongan baru 19,22 persen dan Kota Tegal sebanyak 33,3 persen.

"Wilayah Brebes sudah diminta segera melaksanakan perintah vaksinasi, tapi sekarang belum bergerak. Nakes yang divaksin di Brebes baru 20 orang padahal sasarannya 5.591 orang. Saya sudah mengingatkan, sudah dicanangkan tanggal 25 tapi belum bergerak," urainya.

"Jadi yang belum terdaftar mohon segera didaftarkan, setelah didaftar baru dialokasikan vaksin tambahan. Ini demi percepatan vaksinasi," imbuhnya. 

3. Ganjar justru targetkan vaksinasi tahap pertama kelar 28 Januari 2021

Miris! Vaksinasi Tahap Pertama, Baru 20 Nakes di Brebes yang DisuntikInstagram.com/@ganjar_pranowo

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo malah menargetkan vaksinasi tahap pertama kelar pada Kamis (28/1/2021). Dengan tuntasnya tahap pertama, nantinya program vaksinasi tahap selanjutnya bisa dilakukan segera sehingga percepatan program vaksinasi dapat berjalan.

"Hari ini kami selesai divaksin, semua berjalan lancar. Sekaligus hari ini menandai bahwa target kita yang pertama untuk nakes kita selesiakan. Kalau nakesnya sudah, maka nanti kita bisa masuk tahap selanjutnya," tandasnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Kota Semarang Terima Tambahan Vaksin 1.600 Dosis, Nakes Prioritas

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya