Musra Jateng Munculkan Nama Prabowo dan Ganjar untuk Capres 2024

Projo ikut godok kriteria capres untuk Pemilu 2024

Semarang, IDN Times - Pelaksanaan Musyawarah Rakyat (Musra) XVII Jawa Tengah memunculkan nama Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo sebagai figur yang dianggap cocok mencalonkan diri sebagai presiden pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Dalam acara Musra yang diselenggarakan di Balairung Astina Hall UTC Sampangan, Kota Semarang, ada ratusan bahkan ribuan relawan, simpatisan dan masyarakat dari berbagai daerah berdatangan. 

1. Relawan Projo datang bersama rombongan dua bus dari Sukoharjo

Musra Jateng Munculkan Nama Prabowo dan Ganjar untuk Capres 2024Sejumlah relawan Projo yang memadati ruangan aula UTC Sampangan, Kota Semarang untuk mengikuti acara musyawarah rakyat (Musra) XVII. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Hadi, seorang relawan Projo mengaku datang dari Sukoharjo bersama rombongan dua bus untuk menggalang massa selama acara Musra berlangsung. 

"Rombongan saya ada seratusan orang, kami datang pakai dua bus. Dan saya sendiri langsung dari perwakilan Projo. Saya sampaikan dukungan untuk pencalonan Presiden tahun depan," kata Hadi kepada IDN Times, Sabtu (4/2/2023). 

Sedangkan di lokasi acara Musra Gedung UTC Sampangan, terdapat nama-nama figur yang mengerucut untuk diusung sebagai calon presiden (capres) 2024 mendatang. 

2. Nama Ganjar dan Prabowo muncul saat Musra Jateng

Musra Jateng Munculkan Nama Prabowo dan Ganjar untuk Capres 2024Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Bendahara Umum Musra XVII Jawa Tengah, Krisbudihardjo mengaku, orang Jawa Tengah lebih cenderung menyoroti sosok capres ketimbang agenda kebangsaan. 

Padahal dalam Musra, pemilihan figur capres menjadi agenda terakhir yang dilakukan secara e-voting

"Orang Jawa Tengah lebih menyoroti capres ketimbang agenda kebangsaan. Ada yang mempromosikan pak Ganjar, ada yang Pak Prabowo. Ketika muncul nama Pak Ganjar sambutannya seru dan ketika ada nama Pak Prabowo juga makin seru. Jadi ada kemungkinan dua nama yang muncul adalah Prabowo dan Ganjar," kata Kris saat dikonfirmasi. 

3. Ada peserta minta kriteria nasionalis, agamis dan tegas

Musra Jateng Munculkan Nama Prabowo dan Ganjar untuk Capres 2024Krisbudihardjo, Bendahara Umum Musra XVII Jateng saat memaparkan usulan yang muncul saat acara Musra di UTC Sampangan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia mengatakan, nama capres akan diumumkan oleh panitia Musra Jawa Tengah pada Rabu pekan depan. Saat ini pihaknya masih mematangkan nama capres yang diusulkan peserta Musra XVII Jawa Tengah untuk dibawa ke tingkat pusat.

"Justru juga banyak muncul kriteria capres. Ada yang minta sosok nasionalis agamis, ada yang mengusulkan figur berwibawa dan tegas. Lalu ada yang minta pengalaman. Hasilnya akan kita umumkan hari Rabu," paparnya.

4. Musra tawarkan program IKN sampai pendidikan

Musra Jateng Munculkan Nama Prabowo dan Ganjar untuk Capres 2024Presiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Kris menyampaikan ribuan peserta Musra XVII Jawa Tengah mayoritas berasal dari eks-Karesidenan Banyumas, Kabupaten Kudus, Solo Raya dan Semarang Raya terutama Kota Semarang, Kendal, Demak dan Ungaran. 

"Kita kepengin mengetahui agenda kebangsaan apa saja yang diinginkan masyarakat Jawa Tengah ke depan. Khususnya berkaitan dengan masalah yang dihadapi masyarakat. Dalam Musra, kita tawarkan prioritas bagi masyarakat selama kepemimpinan nasional periode 2024-2029. Apakah pembangunan jalan tol, pemerataan ekonomi, apakah pendidikan atau IKN Peserta boleh memilih bebas," imbuhnya. 

5. Projo imbau untuk jangan salah pilih pemimpin 2024

Musra Jateng Munculkan Nama Prabowo dan Ganjar untuk Capres 2024Acara Musra XVII Jateng yang diadakan di UTC Sampangan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurut Ketua Umum Projo, Budi Arie, Pemilu 2024 menjadi ajang konsolidasi bangsa agar apa yang sudah dibangun Presiden Jokowi selama ini bisa dilanjutkan.

Budi menegaskan bahwa rakyat jangan salah memilih pemimpin pada 2024.

"Musra adalah forum rakyat untuk bersuara," katanya.

Baca Juga: Musra Relawan Jokowi Tetapkan Prabowo-Erick Pasangan Tertinggi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya