Patung-patung di Tegal Pakai Masker, Aksi Melawan Virus Corona

Warga Tegal diwajibkan selalu mengenakan masker

Tegal, IDN Times - Sejumlah patung yang berdiri di Kabupaten Tegal sejak Rabu (8/4) dipasang masker berukuran jumbo. Pemasangan masker dilakukan di sejumlah patung di jalan protokol kabupaten tersebut.

1. Sejumlah patung ikonis di Tegal bermasker

Sebuah patung obor yang jadi ikon Kabupaten Tegal tak luput dari pemasangan masker. Tak cuma itu, juga ada patung di Pakembaran Slawi dan di pertigaan Tuwel yang juga dipasang masker jumbo.

Bupati Tegal, Umi Azizah menyebut pemasangan masker di patung tersebut untuk mengampanyekan gerakan melawan penularan virus corona. Ia ingin mengingatkan kepada pengguna jalan setempat, untuk rutin memakai masker karena masih merebaknya COVID-19.

"Komunikasi publik itu caranya macam-macam. Dan kalau melihat di media sosial, tidak sedikit warganet kita yang ikut mengampanyekan imbauan pemerintah ini dengan cara unik, cerdas hingga jenaka. Tujuannnya sama, membangun kesamaan persepsi yang berujung kesadaran publik," kata Umi dari keterangan resmi yang dinukil IDN Times, Kamis (9/4).

Baca Juga: Begini Cara Pemkot Tegal Mulai Terapkan Local Lockdown

2. Warga diingatkan untuk selalu mengenakan masker

Patung-patung di Tegal Pakai Masker, Aksi Melawan Virus CoronaIlustrasi seseorang mengenakan masker. pixabay.com/coyot-2009089

Umi mengungkapkan tak ada maksud lain dari pemakaian masker di wajah patung. Masker tersebut dipasang oleh petugas staf bagian Humas Pemkab Tegal dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Tata Ruang, dan Pertanahan (Perkimtaru) Kabupaten Tegal.

"Tidak ada maksud lain dari pemasangan masker di patung obor tersebut selain menggugah dan mengingatkan para pengguna jalan serta publik lainnya agar selalu gunakan masker saat berada di luar rumah," jelasnya.

Umi mengaku sengaja mengartikulasikan instruksi presiden (Joko Widodo) agar penggunaan masker kain masif di masyarakat. 

3. Para pemilik toko wajibkan pengunjung pakai masker saat belanja

Patung-patung di Tegal Pakai Masker, Aksi Melawan Virus CoronaDok. IDN Times

Umi berharap, siapa saja bisa ikut mengafirmasi anjuran presiden tersebut demi keselamatan bersama.

"Pemilik toko bisa mewajibkan pembelinya menggunakan masker kain saat ada pengunjung yang belanja, jika tidak membawa, bisa diberikan gratis, hitung-hitung CSR perusahaan atau bisa membelinya dengan harga terjangkau," paparnya.

Ia mengatakan sudah saatnya warga menerapkan physical distancing dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dan mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: Warga Tegal Deklarasi Kampanye Bersama Lawan Corona

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya