Comscore Tracker

Polisi Periksa KONI Jateng Usut Tabrakan Perahu Naga di Cilacap

KONI Jateng ngaku gak ngurusi lomba perahu naga

Cilacap, IDN Times - Pascakejadian tabrakan perahu naga, aparat kepolisian segera memeriksa pengurus KONI Jawa Tengah.

Penyidik Polres Cilacap bakal memanggil perwakilan pengurus KONI Jateng untuk dimintai keterangan terkait penyebab peristiwa perahu naga yang bertabrakan saat lomba Dragon Championship 2021 yang digelar di Sungai Tipar, Desa Karangbenda, Adipala, Kabupaten Cilacap. 

1. Kapolres Cilacap klarifikasi KONI Jateng

Polisi Periksa KONI Jateng Usut Tabrakan Perahu Naga di CilacapKantong jenazah berisi mayat atlet perahu naga dibawa ke Puskesmas Adipala, Cilacap. (Dok Humas Polda Jateng)

Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro mengatakan untuk saat ini sedang memeriksa sejumlah saksi mata serta mengamati video amatir yang merekam kejadian tersebut untuk dijadikan sebagai penguat barang bukti.

"Polres Cilacap juga melakukan panggilan klarifikasi pada KONI Provinsi Jateng," katanya, Rabu (15/12/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, ada dua atlet perahu naga yang tercebur sungai akibat tabrakan yang melibatkan dua perahu naga di dekat tiang jembatan Sungai Tipar. 

Dua atlet yang tercebur ke sungai atas nama Leo Ferdinan dan Adit Purnomo diketahui meninggal dunia dari upaya pencarian yang dilakukan oleh personel Basarnas Cilacap.

Baca Juga: Nyaris Finish, Perahu Naga Saling Tabrakan, 2 Atlet Kecemplung Sungai

2. Hasil visum dua atlet perahu naga diperiksa polisi

Polisi Periksa KONI Jateng Usut Tabrakan Perahu Naga di CilacapTim SAR masih berusaha mencari atlet perahu naga yang tenggelam di Sungai Tipar Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Ia menjelaskan berbagai barang bukti juga telah diamankan oleh pihaknya. Selain itu, hasil visum dari Puskesmas Adipala saat ini diambil pihak kepolisian untuk mencari penyebab meninggalnya kedua atlet perahu naga.

"Untuk hari ini, kita lanjutkan pemeriksaan saksi serta berkoordinasi dengan Puskesmas untuk hasil visum et repertum korban," akunya.

3. Polres Cilacap mintai keterangan saksi ahli

Polisi Periksa KONI Jateng Usut Tabrakan Perahu Naga di CilacapKondisi perahu naga yang karam usai terlibat tabakan di dekat garis finish Sungai Tipar, Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Tak cuma itu saja, pihaknya langsung mengambil langkah dengan mengamankan lokasi serta memeriksa saksi-saksi. 

Ia berkata pihaknya sebelumnya sudah berkoordinasi dengan kejaksaan terkait penanganan kasus ini dan melibatkan saksi ahli. Saksi ahli akan dimintai keterangan sehingga bisa mengetahui apakah insiden tabrakan perahu naga murni kecelakaan atau justru ada kesengajaan dari pihak-pihak tertentu.

4. KONI Jateng mengaku tidak urusi lomba perahu naga

Polisi Periksa KONI Jateng Usut Tabrakan Perahu Naga di CilacapPara penonton menyaksikan perahu naga yang terlibat insiden tabrakan dari atas Jembatan Sungai Tipar, Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Terpisah, Pelaksana tugas Ketua KONI Jateng, Bona Ventura saat dikontak IDN Times mengaku perahu naga tidak masuk dalam cabor yang bernaung dibawah organisasinya. 

Ia bilang sampai sekarang dirinya tidak pernah mendapat surat tembusan dari panitia mengenai izin penyelenggaraan lomba perahu naga di Adipala, Cilacap.

"Ya urusannya apa manggil kita. Gak ada urusannya sama KONI Jateng, dong. Dan kita gak pernah tahu siapa penyelenggaranya dan izinnya kayak apa. Karena perahu naga tidak masuk cabang olahraga di Jawa Tengah. Mestinya polisi minta keterangan ke KONI Cilacap sebab kalau acara olahraga diadakan di tingkat desa atau kecamatan, kita gak bisa memantau," cetusnya.

Baca Juga: 3 Hari Tenggelam, Atlet Perahu Naga Ditemukan di Muara Sungai Tipar

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya