PPKMB, Ajang Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Fisip Undip Semarang

Maba Fisip Undip Semarang diminta aktif dan adaptif

Semarang, IDN Times - Pengenalan mahasiswa baru di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada tahun ini tampak berbeda. Dengan situasi masa pandemik COVID-19, mahasiswa FISIP Undip menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online, yang merupakan acara pengenalan kampus secara online yang kedua kalinya. 

Dalam pelaksanaan pengenalan kampus diharapkan menjadi sarana sosialisasi kebijakan merdeka belajar dan penanaman lima program Gerakan Nasional Revolusi Mental. Yaitu Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu. 

1. Kegiatan mahasiswa Fisip Undip harus adaptasi, kritis, dan menonjolkan kemanusiaan

PPKMB, Ajang Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Fisip Undip Semarangkampusundip.com

Robetmi Jumpakita Pinem, selaku Ketua Panitia PKKMB dan Pendikar FISIP 2021 mengatakan acara yang diusung tahun ini bertemakan Acceptance at Social Life in Embracing Humanity Values dengan menonjolkan nilai kemanusiaan, adaptif, persatuan, kontributif, berpikir kritis dan berwawasan global. 

"Walaupun rangkaian acara yang dilaksanakan secara daring ini dengan kemampuan teknologi yang baik, kita bisa bertegur sapa dan juga tetap menjaga kualitas," katanya, Selasa (17/8/2021).

Kegiatan PKKMB FISIP Undip dimulai 16 Agustus 2021 yang diikuti kurang lebih 950 mahasiswa S1, S2, dan S3.

Baca Juga: Profil Prof Benny Riyanto Ahli Hukum Undip Jadi Komisaris Telkomsat

2. Dekan Fisip sarankan mahasiswanya lebih tangguh dan mandiri

PPKMB, Ajang Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Fisip Undip SemarangAcara pengenalan mahasiswa baru Fisip Undip. (Dok Fisip Undip)

Dalam kegiatan PPKMB 2021 mahasiswa baru Fisip Undip mendapatkan wawasan mengenai Sistem Pendidikan Tinggi yang dipaparkan oleh Wakil Dekan I, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang dipaparkan oleh Dr. Drs. Muhammad Adnan, MA, Gerakan Nasional Revolusi Mental oleh Dr. Drs. Turnomo Raharjo, M.Si , Merdeka Belajar oleh Dr Reni Shinta Dewi, S.Sos., M.Si., PKM dan Presma oleh Robetmi Jumpakita Pinem, S.AB., MBA., serta perkenalan program studi oleh kaprodi masing-masing.

Sementara itu, Dr Drs Hardi Warsono, MTP, Dekan Fisip Undip mengatakan, "Silahkan berselancar pada proses pembelajaran yang ada di Undip. Secepatnya segera beradaptasi, jadilah pembelajar yang lincah dan tangguh, songsong generasi unggul, mandiri, dan bertanggung jawab."

3. Mahasiswa baru yang bingung cari info bisa tanya ke UPM Fisip

PPKMB, Ajang Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru Fisip Undip Semarangwww.kampusundip.com

Robetmi kemudian menambahkan jika ditengah kondisi pandemik, tidak mengurangi mahasiswa untuk terus berkarya. Mahasiswa baru mesti aktif ikut pelatihan, lomba nasional ataupun internasional.

"Kami dari tim Unit Prestasi Mahasiswa (UPM) Fisip berharap anak-anak yang kebingungan dalam mencari informasi ataupun tim bisa aktif bertanya pada kami," pungkasnya.

Baca Juga: Waspada Varian Delta, Epidemiolog Undip: Orang Tak Bermasker Berbahaya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya