Comscore Tracker

Pulau Karimunjawa Jepara Diserbu Turis Akibat Penurunan Level PPKM

Kapal penyebrangan sudah beroperasi setiap pekan

Jepara, IDN Times - Penurunan status PPKM menjadi level 2 di Kabupaten Jepara rupanya dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menikmati liburan. Bahkan, Kepulauan Karimunjawa yang telah dibuka untuk umum sejak tiga hari terakhir diserbu para wisatawan atau turis yang datang dari segala penjuru daerah.

1. Puluhan wisatawan sudah nyeberang ke Karimunjawa

Pulau Karimunjawa Jepara Diserbu Turis Akibat Penurunan Level PPKMSumber Gambar: penjualweb.com

Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Titik Sudaryanti mengatakan sejak obyek wisata Pulau Karimunjawa dibuka pada 3 September 2021, sudah 40 wisatawan yang plesir ke destinasi unggulan di Jepara tersebut.

"Di hari Sabtu tanggal 4 September 2021 kemarin sudah ada 40 orang yang tiba di Karimunjawa. Kemudian berturut-turut di hari Minggu ada 30 wisatawan. Kebanyakan turis lokal. Dan kemungkinan pas akhir pekan nanti yang datang untuk liburan bisa jadi bertambah banyak," ujar Titik kepada IDN Times, Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Nenek Pemuja Nyi Roro Kidul di Karimunjawa, Menghilang saat Weton Tertentu

2. Kapal Siginjai melayani penyeberangan 3 kali sepekan

Pulau Karimunjawa Jepara Diserbu Turis Akibat Penurunan Level PPKMKarimunjawa Jepara(okezone travel)

Titik menjelaskan meski jumlah wisatawan belum terlalu banyak, pihaknya cukup lega akhirnya selama 1,5 tahun lebih pandemik, Karimunjawa kembali menjadi jujukan favorit bagi para pelancong.

Pihaknya bersama petugas KSOP Jepara saat ini telah membuka jadwal penyeberangan untuk kapal Express Bahari saban Senin dan Jumat. Kemudian, jadwal penyeberangan untuk kapal KM Siginjai saban hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

3. Penumpang kapal wajib tunjukan kartu vaksin

Pulau Karimunjawa Jepara Diserbu Turis Akibat Penurunan Level PPKMIlustrasi Seritifikat/Kartu Vaksinasi COVID-19 Resmi. (dok. IDN Times)

Setiap penumpang kapal, katanya telah diwajibkan membawa kartu vaksinasi COVID-19 maupun menunjukan hasil kesehatannya melalui aplikasi Peduli Lindungi.

"Kapasitas kapalnya tetap dibatasi 50 persen. Tapi dengan situasi PPKM Jepara yang diturunkan ke level 2, animo masyarakat untuk liburan ke Karimunjawa memang cukup tinggi," kata Titik.

Titik menyebut sejumlah destinasi di Karimunjawa yang sudah bisa dikunjungi wisatawan ada tiga lokasi. Masing-masing area snorkling dan diving di perairan Karimun, tempat penangkaran penyu dan area wisata mangrove. 

"Baru tiga lokasi wisata itu yang dibuka. Lainnya belum," akunya.

4. Pengelola homestay Karimunjawa mulai berbenah

Pulau Karimunjawa Jepara Diserbu Turis Akibat Penurunan Level PPKMBooking.com

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan sejumlah homstay, resort, dan hotel berbintang saat ini telah berbenah guna menyambut datangnya para wisatawan mancanegara maupun domestik.

"Semua fasilitas penunjang di tempat penginapan sudah disiapkan dengan memadai oleh pelaku wisata di Karimunjawa. Yang pasti fasilitas prokesnya juga dilengkapi dengan baik supaya wisatawan nyaman dan aman pas liburan ke Karimunjawa," jelasnya.

Bagi wisatawan yang pengin jalan-jalan menikmati pemandangan alam Pulau Karimunjawa, pihaknya telah menyiapkan para pemandu wisata.

"Kita berharap kasus penularan virus corona bisa melandai. Sehingga perekonomian bisa kembali pulih, pariwisata juga bisa bangkit," tukasnya. 

Baca Juga: Libur Lebaran 2021, Wisatawan Diizinkan Snorkeling di Karimunjawa

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya