Ribuan Napi Lapas Kedungpane Semarang Patungan Beli Seekor Sapi Kurban

Napi Lapas Kedungpane kompak iuran

Semarang, IDN Times - Sedikitnya 1.676 narapidana yang menghuni Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang memilih patungan untuk membeli sapi kurban. Selain sapi tersebut, hewan kurban juga ada yang berasal dari sumbangan pegawai dan warga sekitar lapas.

Informasi dari pihak Lapas Kedungpane menyebutkan, hewan kurban yang terkumpul tepat hari Minggu (10/7/2022) berjumlah 19 ekor.

1. Seorang napi sengaja patung sejak enam bulan

Ribuan Napi Lapas Kedungpane Semarang Patungan Beli Seekor Sapi KurbanPara napi terlihat saling membantu untuk membersihkan kotoran saat penyembelihan hewan kurban. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Seorang narapidana Lapas Kedungpane, Rahman mengaku bersyukur, akhirnya uangnya yang dikumpulkan selama enam bulan bisa diwujudkan dalam bentuk hewan kurban. 

"Ini sudah saya niatkan sejak enam bulan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi amalan-amalan penyelamat saat di akhirat nantinya," kata terpidana yang meringkuk di Lapas Kedungpane selama tujuh tahun itu. 

Baca Juga: Lapas Jateng Overload 53 Persen, RSJ Dianggap Siap Tangani Rehab Napi Narkoba

2. Kalapas ungkap ada empat sapi dan 14 kambing kurban

Ribuan Napi Lapas Kedungpane Semarang Patungan Beli Seekor Sapi KurbanProses penyembelihan hewan kurban di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Kepala Lapas Kedungpane, Tri Saptono Sambudji menjelaskan, ribuan narapidana kali ini menyumbang seekor sapi yang sudah dipersiapkan jauh hari sebelum Iduladha. Hewan kurban dibeli dari program pembinaan spiritual keagamaan.

"Di sini ada empat sapi dan 15 kambing kurban. Napi juga menyumbang seekor sapi," ujar Tri. 

3. Daging kurban dibagi merata

Ribuan Napi Lapas Kedungpane Semarang Patungan Beli Seekor Sapi KurbanSejumlah narapidana Lapas Kedungpane saat sibuk menguliti kambing kurban. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Ia mengapresiasi tekad para narapidana yang mau patungan untuk membeli sapi kurban. Walau kondisinya berada di bui, katanya, narapidana di lapasnya saling gotong royong untuk membeli hewan kurban. 

Ia menambahkan, daging kurban nantinya akan dibagikan kepada narapidana secara merata tanpa ada diskriminatif.

"Daging kurban diolah di dapur lapas. Lalu didistribusikan untuk seluruh napi dalam keadaan matang," ungkapnya. 

4. Gus Yasin ikut sumbang kambing di lapas

Ribuan Napi Lapas Kedungpane Semarang Patungan Beli Seekor Sapi KurbanWakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen atau akrab disapa Gus Yasin. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Sedangkan, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen turut hadir di Lapas Kedungpane untuk menyumbang seekor kambing. 

Menurutnya ini merupakan penghargaan tersendiri sehingga narapidana bisa turut menikmati daging kurban.

Baca Juga: Cicipi Sayur dan Sambal, Petugas Lapas Kedungpane Temukan Pil Koplo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya