Sering Bikin Ricuh, 63 Napi Narkoba Dijebloskan Sel Maximum Security

Napi Lapas Kedungpane sering memicu keributan

Semarang, IDN Times - Sebanyak 63 narapidana kasus peredaran narkotika akhirnya dijebloskan ke blok resiko tinggi yang ada di Lapas Kelas IA Kedungpane, Semarang. Pihak lapas memastikan terdapat sebagian besar narapidana narkoba yang kerap memicu keributan sehingga harus dimasukan ke dalam sel dengan pengamanan maximum security.

 

1. Satu napi dijaga lima petugas di sel maximum security

Sering Bikin Ricuh, 63 Napi Narkoba Dijebloskan Sel Maximum SecuritySejumlah sipir yang disiagakan untuk menangani sel maximum security di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Supriyanto mengungkapkan di dalam sel maximum security, satu narapidana dijaga lima personel dengan pengamanan ekstra ketat.

Ia mengklaim sel maximum security memang bertujuan untuk memberi efek jera kepada para narapidana yang kerap berbuat onar.

"Sistem maximum security ini diperuntukan bagi narapidana dengan kategori risiko tinggi. Kita mulai aktifkan blok resiko tinggi (BRT) dengan pola pengamanan satu narapidana dikawal oleh lima petugas," kara Supriyanto, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Patroli Keliling, Sipir Lapas Kedungpane Temukan 1 Bungkus Sabu Selundupan

2. Pihak Lapas Kedungpane janji tidak pakai kekerasan saat lumpuhkan narapidana

Sering Bikin Ricuh, 63 Napi Narkoba Dijebloskan Sel Maximum SecurityKalapas Kedungpane cek kondisi sel maximum security. (Dok Lapas Kedungpane Semarang)

Ia menyatakan sel maximum security merupakan tempat hukuman bagi narapidana yang kerap berulah di lapasnya. 

Pihaknya sudah melakukan berbagai simulasi untuk menangani narapidana di sel maximum security. Mulai dari berusaha melumpuhkan narapidana yang dianggap bisa menurunkan tingkat agrasifitasnya.

Kemudian narapidana yang masih berontak dan menolak dipindahkan, maka para sipir akan menggunakan kekuatan fisiknya. 

"Kita janji tidak ada kekerasan atau kekuatan berlebih, yang kita upayakan dengan kekuatan seminimal mungkin. Untuk itulah kita lakukan penanganan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku," katanya.

Ia menegaskan narapidana yang dipindahkan ke sel maximum security yaitu mereka yang kerap merusak kamar tahanan, berusaha kabur dari penjara hingga terlibat perkelahian di dalam lapas.

3. Sudah ada 63 napi narkoba yang dijebloskan sel maximum security

Sering Bikin Ricuh, 63 Napi Narkoba Dijebloskan Sel Maximum SecurityIlustrasi narapidana (IDN Times/Sukma Shakti)

Sedangkan, Humas Lapas Kedungpane, Fajar Sodiq menyatakan keberadaan blok resiko tinggi difungsikan untuk menangani narapidana dengan tingkat pelanggaran yang berat.

"Saat ini sudah kita masukan 63 narapidana ke sel maximum security. Dan mayoritas dari kasus narkoba yang sering berulah di lapas," bebernya saat dikonfirmasi IDN Times.

Ia menambahkan blok maximum security khusus buat mereka yang melakukan pelanggaran. "Sebagai efek jera, narapidana yang beresiko tinggi kita masukan ke sel maximum security selama tiga bulan dan nantinya kita lakukan asessment ulang," ungkapnya.

Baca Juga: Napi Kedungpane Tidur Dempetan Susah Jaga Jarak, Pilihannya Divaksin

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya