Comscore Tracker

10 Ribu Gusdurian Bakal Hadiri Haul Gus Dur di Solo, Bareng Cap Go Meh

Juga akan digelar bedah buku Menjerat Gus Dur

Solo, IDN Times - Kota Solo, Jawa Tengah kembali akan mengelar haul ke-10 KH Abdurrahman Wahid, pada Jumat (7/20) mendatang. Perayaan haul akan dipusatkan di kantor Balaikota Solo.

Ada yang unik dalam haul Gus Dur kali ini, dimana haul Presiden ke 4 Republik Indonesia tersebut bertepatan dengan perayaan Imlek di Kota Solo.

1. Dihadiri 10.000 Gusdurian dari seluruh Indonesia

10 Ribu Gusdurian Bakal Hadiri Haul Gus Dur di Solo, Bareng Cap Go MehPara tokoh NU saat berdoa di depan pusara leluhur Gus Dur di Salatiga. IDN Times/Fariz Fardianto

Penanggungjawab acara haul, Husein Syifa mengatakan haul ke 10 Gus Dur nantinya akan dihadiri sekitar 10.000 orang. Para Gusdurian tersebut hadir dari berbagai kota di Indonesia. Acara haul sendiri diselenggarakan dalam rangka mengenang dan menularkan semangat juang Gus Dur.

"Gus Dur adalah guru, bapak dan teladan bangsa yang diharapkan menjadi contoh bagi generasi muda untuk meneruskan perjuangan Gus Dur," ujarnya, Selasa (4/2).

Acara haul juga akan diselingi dengan acara bedah buku "Menjerat Gus Dur" di Pondok Pesantren Al Muayyad Solo. Sang penulis buku, Virdika Rizky Utomo, Biro Protokol era Presiden Abdurrahman Wahid, Wahyu Muryadi, serta KH Imron Rosyadi dari PCNU Tiongkok dijadwalkan akan hadir dalam kesempatan tersebut.

2. Angkat tema resolusi kehidupan

10 Ribu Gusdurian Bakal Hadiri Haul Gus Dur di Solo, Bareng Cap Go Meh(IDN Times/Istimewa)

Tema haul ke-10 tahun ini adalah Njejegake Soko Guru Nusantara, dimana tema tersebut terkait dengan pandangan-pandangan Gus Dur pada tahun 2006 yang mengajak semua pihak membuat resolusi untuk kelangsungan kehidupan bangsa.

"Resolusi itu datang dari berbagai perspektif terutama bidang politik," ujar Husein.

Menurut Husein, tema yang diambil tersebut cukup relevan dengan kondisi bangsa saat ini. Diaman acara haul sendiri tersebut tidak ada kaitannya dengan agenda politik.

3. Pertepatan dengan Cap Go Meh yang merupakan rangkaian perayaan Imlek

10 Ribu Gusdurian Bakal Hadiri Haul Gus Dur di Solo, Bareng Cap Go MehIDN Times / Larasati Rey

Perayaan haul Gus Dur tersebut juga bersamaan dengan acara rangkaian perayaan Imlek yakni Cap Go Meh, dimana kawasan Balaikota Solo hingga Pasar Gedhe Solo menjadi pusat perayaan tersebut. Banyak lampion yang dipasang dan perayaan kesenian khas Tiongkok juga akan digelar.

Menenggapi hal tersebut, Husein mengaku perayaan haul Gus Dur tidak terkait dengan cara tersebut. Ia bahkan tidak mempermasalahkan, menurutnya sosok Gus Dur dikenal sebagai tokoh yang berjasa karena memperbolehkan perayaan Imlek.

Puncak haul ke-10 Gus Dur akan dilaksanakan di Balai Kota Solo Jumat (7/2) pukul 19.00 WIB. Dalam haul itu juga diisi tesmoni dari KH Nasihin Hasan (Mauidhoh Hasanah), H Masduki Baidlowi, Wahyu Muryadi, serta dihadiri juga keluarga Gus Dur yang diwakili anak Gus Dur, Anita Ashvini Wahid.

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya