Comscore Tracker

12 Finalist DSC X 2019 Siap Bersaing Menangkan Hadiah Rp2 Miliar

Kompetisi DSC X 2019 di Solo.

Solo, IDN Times - Final Day kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 (DSC X) 2019 akan digelar dua hari Sabtu (16/11) hingga Minggu (17/11) di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah. Sebanyak 12 finalist dari berbagai daerah di Indonesia akan bersaing memperebutkan modal usaha senilai Rp 2 Miliar.

Baca Juga: 10 Keteladanan Djaduk Ferianto yang Mesti Dicontoh oleh Millennials 

1. Peserta didominasi kaum millennial

12 Finalist DSC X 2019 Siap Bersaing Menangkan Hadiah Rp2 MiliarIDN Times/Larasati Rey

Kompetisi yang didominasi hampir 80 persen anak muda usia antara 20 hingga 30 tahun ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit baru calon pengusaha yang handal dan profesional.

"Sebenarnya kriteria untuk summit proposal 20 hingga 40 tahun, kenapa karena kita ingin memberikan kesempatan pada millennial dan kita tantang mereka," ujar Program Inisiator DSC X 2019, Edric Chandra, dalam jumpa pers di De Tjolomadoe, Sabtu (16/11).

12 peserta yang terpiliha nantinya akan tampil dalam babak final. Mereka adalah Banopolis, SUNKRISPS, Sweet Sundae Ice Cream, Lingkaran, kylafood.com, Hear Me, Cryptoscope, Astrobike, Apel Celup, Beehive Agriculture, Brownies Chip, dan OKE Garden.

Para finalis tersebut sebelumnya mengikuti fase pembekalan pengetahuan dan pendalaman materi pada akhir Oktober 2019 lalu. Mereka kemudian mengikuti seleksi mulai dari regional hingga nasional. Para finalis yang terpilih masuk dalam katagori bisnis, yaitu 6 startup digital dan teknologi, lima katagori food & baverage, dan 1 katagori Agrobisnis.

2. Para finalis dibimbing oleh empat mentor

12 Finalist DSC X 2019 Siap Bersaing Menangkan Hadiah Rp2 MiliarIDN Times/Larasati Rey

Para finalis yang terpilih dalam Final Day DSC X 2019, tersebut sebelumnya telah mendapat bimbingan dari empat mentor. Keempat mentor tersebut yakni Michael Tampi, Pangeran Siagaan, Dina Dellyana, dan Muhammad Aga.

Para mentor tersebut dipercaya untuk membimbing dan mengarahkan para finalis agar bisa merealisasikan bisnis yang mereka ajukakan sebelumnya. Salah satu mentor, Michael Tampi mengatakan tugas mentor yakni memilih para finalis dari 100 finalis menjadi 20 finalis yang memiliki ide bisnis bagus.

"Kita empat mentor ini dipercaya memilih 20 orang, dan membimbing mereka pada masa masa inkubasi," ungkapanya.

Dalam kompetisi final day DSC X 2019, para finalis akan dipilih oleh tiga dewan juri. Ketiga dewan juri tersebut yakni, Ketua Dewan komisioner Wismilak Surjanto Yasaputer, Akademisi dan Direktur Pengelola Highscope Indonesia Antarina SF Amir, dan Direktur Utama TVRI Helmi Yahya.

3. Jadi ajang entrepreneurship terbesar di Indonesia

12 Finalist DSC X 2019 Siap Bersaing Menangkan Hadiah Rp2 MiliarIDN Times/Larasati Rey

Acara yang digagas oleh Wismilak Foundation ini merupakan acara yang telah digelar kesepuluh kalinya. Semakin hari, peserta DSC ini semakin banyak. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah proposal usaha yang masuk, hingga mencapai 12.500 proposal. Jumlah tersebut adalah jumlah terbanyak dari kompetisi yang diadakan sebelumnya.

Ketua Dewan Komisioner Wismilak, Surjanto Yasaputera mengatakan jumlah proposal yang masuk terbilang melampaui target. Dimana pada kompetisi DSC IX jumlah peserta sekitar 8.994, dan tahun ini naik hingga 40 persen.

"Secara umum ekspektasi kita sudah melampaui, jadi bisa diklaim DSC X ini adalah kompetisi entrepreneurship terbesar di Indonesia," ujarnya.

Surjanto berharap program DSC X ini bisa membuka peluang untuk memajukan potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang selama ini berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) di Indonesia.

Baca Juga: Pola Asuh Generasi Alpha, Anak-anak dari Orangtua Millennials 

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Just For You