Diah Warih Ungguli Jajak Pendapat Calon Wali Kota Solo, Siapa Dia?

Pengamat: beri pesan kuat solo kota responsif gender

Intinya Sih...

  • Diah Warih Anjari memuncaki polling sebagai calon Wali Kota Solo dengan raihan 24,97 persen.
  • Rudy Indijarto Sugiharto berada di urutan kedua dengan persentase 24,45 persen dan Mashuri di posisi ketiga dengan raihan 18,34 persen.
  • Pemerhati Hukum dan Kebijakan Publik Isharyanto menekankan pentingnya keterbukaan rekrutmen politik dan peran serta pemangku kepentingan dalam proses pemilihan kepala daerah.

Surakarta, IDN Times - Nama Diah Warih Anjari kembali mencuat di bursa calon Wali Kota Solo. Setelah unggul di sejumlah polling, kali ini pengusaha dan aktivis sosial itu juga menyodok di urutan teratas pada sebuah kuis yang diadakan oleh salah satu media lokal di Kota Solo.

1. Survei paling tinggi

Diah Warih Ungguli Jajak Pendapat Calon Wali Kota Solo, Siapa Dia?Ketua Umum G-Nesia, Diah Warih Anjari. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari polling yang diadakan ada banyak nama yang diikutsertakan. Selain Diah Warih, ada KGPAA Mangkunagoro X (Raja Mangkunegaran), Kevin Fabiano (Politisi PDIP) , Rudy Indijarto Sugiharto (pengusaha), Her Suprabu (Politisi PDIP), Sekar Tandjung (Politisi Golkar), Sonny (Politisi PSI), Arya Surendra (Ketua PSSI Solo).

Selain itu terdapat nama Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Mashuri (Ketua PCNU Solo), Ginda Ferachtriawan (Anggota DPRD Solo), Astrid Widayani (Rektor Universitas Surakarta/UNSA), Kevin Nugroho (Bos Persis Solo) dan Sugeng Riyanto (Politisi PKS).

Berdasarkan polling dengan judul "Siapa Calon Wali Kota Solo Impian Kamu?", warga cukup antusias mengikutinya.

Hingga Jumat malam (29/3/2024), Diwa -sapaan akrab Diah Warih- bertengger di posisi teratas dengan raihan 24,97 persen.

Posisi Diwa dibuntuti Rudy Indijarto Sugiharto di urutan kedua dengan persentase 24,45 persen dan Mashuri di posisi ketiga dengan raihan 18,34 persen.

Sedangkan urutan keempat dan kelima, masing-masing ditempati Kevin Fabiano yang meraih 11,90 persen dan Sonny dengan torehan 8,80 persen. Hasil polling dilihat Jumat, 29 Maret 2024, sebelum situs polling tersebut mengalami gangguan teknis (error).

Baca Juga: Kaesang hingga Anak Akbar Tanjung Masuk 12 Kandidat Pengganti Gibran

2. Ucapkan terima kasih

Diah Warih Ungguli Jajak Pendapat Calon Wali Kota Solo, Siapa Dia?Ketua G-Nesia, Diah Warih Anjari. (IDN Times/Larasati Rey)

Saat dimintai keterangan soal hasil polling tersebut, Diah Warih mengucapkan terima kasih kalau namanya selalu unggul dalam setiap polling, baik di tingkatan Kota Solo maupun level Provinsi Jawa Tengah.

"Terima kasih kepada warga Solo yang mendukung saya di berbagai polling. Tentunya ini jadi sebuah harapan masyarakat bagaimana memilih seorang pemimpin ke depan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," ujar Diah Warih, Selasa (2/4/2023).

Diketahui, Diah Warih tak hanya berprofesi sebagai pengusaha dan aktivis sosial. Tercatat, ia juga menjabat sebagai Ketua Umum G-Nesia, organ relawan yang turut memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2024.

Dalam berbagai kegiatan kampanye, Diwa selalu aktif berada di sekeliling Prabowo atau Gibran. Pada debat Capres Cawapres masa Pilpres 2024, ia tak pernah absen sekalipun. Selama lima kali acara debat, Diwa berada di arena.

3. Representasi gender

Diah Warih Ungguli Jajak Pendapat Calon Wali Kota Solo, Siapa Dia?Pinterest

Sementara itu, Pemerhati Hukum dan Kebijakan publik Isharyanto mengatakan, jajak pendapat tersebut baik. Menurutnya, hal itu adalah bentuk keterbukaan rekrutmen politik dan menggambarkan peran serta pemangku kepentingan dalam proses pemilihan kepala daerah.

“Secara demokrasi, semakin banyak calon akan semakin bagus dan sesuai sistem maka menjadi pertimbangan diantara partai-partai yang kelak mengusung kandidat,” ujar dosen di Universitas Sebelas Maret Surakarta tersebut.

Solo adalah kota yang berkembang pesat. Kota ini ke depan harus menjadi kota modern yang ramah lingkungan, nyaman didiami dan kondusif untuk bisnis ditopang komitmen kepada pendidikan dan kemajuan budaya yang adiluhung.

“Ada harapan yang menguat bahwa kepemimpinan mendatang adalah sosok yang mengerti visi ideal tersebut. Ada bagusnya jika kandidat perempuan, untuk memberi pesan kuat bahwa Kota Surakarta adalah kota yang responsif gender,” pungkasnya.

Baca Juga: Survei Pilkada Solo 2024: Wakil Gibran Teratas, Kaesang Lebih Populer

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya