Gibran Minta RS Darurat di Benteng Vastenburg Tak Dibongkar

Pasca adanya penurunan kasus.

Solo, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta agar keberadaan rumah sakit darurat COVID-19 yang dibangun di Benteng Vastenburg, Solo tetap beroperasi hingga setelah Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus saat mudik Lebaran.

Baca Juga: Gibran Minta Dukungan Ubah Ngarsopuro Jadi Malioboro-nya Solo

1. Antisipasi lonjakan kasus saat Idul Fitri

Gibran Minta RS Darurat di Benteng Vastenburg Tak DibongkarKondisi ruang perawatan RS Darurat Covid-19 di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Gibran mengatakan sejak diresmikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, Rabu 24 Februari lalu, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Milik TNI AD belum
belum merawat satu pasien pun pasien Covid-19. Terlebih saat ini banyak ruang isolasi di rumah sakit baik negeri maupun swasta yang kosong.

“Belum ada pasien yang dirawat di rumkitlap Vastenburg. Kalau bisa jangan sampai ada,” katanya ditemui di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu (28/3/21).

Kendati demikian, Gibran meminta agar RS Darurat TNI tersebut tetap dibuka, untuk mengangisipasi adanya lonjakan kasus saat mudik Lebaran nantinya. “Kita ingin rumkitlap (rumah sakit lapangan) ini tetap buka sampai Lebaran. Ini untuk jaga-jaga kalau nanti banyak masyarakat yang mudik,” ujarnya.

2. Jumlah kasus Covid-19 di Solo menurun

Gibran Minta RS Darurat di Benteng Vastenburg Tak DibongkarRumah Sakit Darurat milik TNI AD di Benteng Vastenburg, Solo.IDNTimes/Larasati Rey

Ditanya soal kasus Covid-19 di Solo, Gibran mengatakan, saat ini kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Solo menunjukkan penurunan. Hal ini ditindaklanjutin dengan adanya kelonggaran atruan pada surat edaran(SE) PPKM Mikro di Kota solo.

Bahkan rumah sakit bahkan telah mengajukan izin untuk mengubah ruang isolasi, untuk kembali dijadikan ruang perawatan.

“Kalau kasusnya sudah turun, sudah menuju hijau. Tapi kita tetap antisipasi arus mudik Lebaran. Jadi kita akan minta supaya tetap beroperasi sampai setelah lebaran,” ujarnya.

3. Diperuntukkan bagi pasien Covid-19

Gibran Minta RS Darurat di Benteng Vastenburg Tak DibongkarKondisi ruang perawatan RS Darurat Covid-19 di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Perlu diketahui, rumah sakit lapangan (RS Darurat Covid-19) yang dibangun di area Benteng Vastenburg Solo merupakan inisiasi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa. RS dengan 100 bed tersebut akan difungsikan untuk merawat warga Solo Raya yang terpapar Virus Corona pada level ringan hingga sedang.

RS yang dilengkapi peralatan canggih itu akan dioperasionalkan oleh 100 tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo. Di Indonesia sendiri dibangun 3 rumah sakut darurat yang tersebar dibeberapa daerah. Yakni, di Sulawesi Barat untuk mbantu bencana, kemudian di RSPAD Gatot Subroto dan di Solo.

Baca Juga: Pembukaan Piala Menpora, Gibran Duduk Bareng Menteri dan Ketua PSSI  

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya