Gibran Pengin Ikut Demo Tolak 3 Periode Presiden Jokowi di Solo

BEM Solo Raya demo di DPRD Surakarta 14 April 2022

Semarang, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menanggapi aksi demo 11 April 2022 yang terjadi di depan kantor DPR RI di Jakarta.

1. Gibran mempersilakan mahasiswa menyalurkan aspirasi

Gibran Pengin Ikut Demo Tolak 3 Periode Presiden Jokowi di SoloDemo 11 April, Pagar DPRD Kota Bekasi Roboh. (IDN Times/Imam Faishal)

Gibran menyebut, aksi demo tersebut wajar digelar untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Namun, ia menyayangkan adanya aksi kekerasan yang terjadi di tengah-tengah demonstrasi.

"Ya gak papa menyampaikan aspirasi biasa, bebas, monggo tapi jangan ada kekerasan. Silakan monggo santai wae kok," katanya, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Gibran Tanggapi Santai Tantangan Sahroni Maju Pilgub DKI

2. Gibran pengin ikut demo tolak 3 periode

Gibran Pengin Ikut Demo Tolak 3 Periode Presiden Jokowi di SoloGibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran menegaskan, jika dirinya juga akan ikut turun ke jalan jika ada aksi demo menolak tiga periode dilakukan di kotanya.

"Nek ono demo menolak tiga periode tak melu wae, kandanono ning ngendi tak melu (Kalau ada aksi menolak (presiden) tiga periode, aku iku. Kasih tahu di mana lokasinya, saya ikut)," tegas nya.

Ditanya soal seruan menolak tiga periode, Gibran mengaku jika pernyataan tersebut sudah dijawab oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan tidak perlu di permasalahkan kembali.

"Lho, saya itu mengikuti konstitusi saja. Kan sudah jelas Pemilu jangan ditunda, tanggal sudah jelas. Wes rasah dipermasalahkan meneh (Sudah, jangan dipermasalahkan lagi)" ujarnya.

3. Mahasiswa BEM Solo Raya demo di DPRD Surakarta

Gibran Pengin Ikut Demo Tolak 3 Periode Presiden Jokowi di SoloDemo 11 April, Pagar DPRD Kota Bekasi Roboh. (IDN Times/Imam Faishal)

Terpisah, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Solo Raya berencana mengelar aksi demo di depan kantor DPRD Kota Surakarta pada 14 April 2022. Demo tersebut merupakan demo lanjutan dari aksi 11 April 2022 di Jakarta.

Ditanya soal keikutsertaannya dalam aksi demo di Kantor DPRD Kota Surakarta tersebut, Gibran mempersilakan tapi tidak akan ikut.

"Ya kalau di (kantor) DPRD ya sama Pak Budi (red: Ketua DPRD Kota Surakarta). Semua aspirasi kami tampung, kalau (demonya di) DPRD sama DPRD-nya," pungkasnya.

Baca Juga: Mahasiswa UNS dan Undip Rela Naik Bus Ikut Aksi 11 April di Jakarta

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya