Pakai Beskap Warna Pink, Presiden Jokowi Pasang 'Bleketepe'

Prosesi adat jelang acara siraman nikahan Kaesang.

Surakarta, IDN Times - Keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar siraman untuk putra bungsunya Kaesang Pangarep di kediaman Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Acara prosesi adat siraman sendiri digelar pukul 08.00 WIB. Dalam prosesi adat siraman, Presiden Jokowi memakai beskap berwarna pink, sedangan Ibu Iriana memakai kebaya kutu baru motif bunga-bunga dengan warna putih pink.

Baca Juga: Hore! Perayaan Pernikahan Kaesang Siapkan Puluhan Ribu Makanan Gratis

1. Prosesi siraman diawali dengan pemasangan bleketepe

Pakai Beskap Warna Pink, Presiden Jokowi Pasang 'Bleketepe'Prosesi siraman Kaesang. (IDN Times/Larasati Rey)

Prosesi adat siraman sendiri dimulai dengan pemasangan 'bleketepe' atau anyaman daun kelapa yang diletakan di atas pintu masuk rumah.

Selain itu, Ibu Iriana bertugas membuka 'tuwuhan' atau buah pisang satu tundun jenis rasa yang terpasang di samping-samping pintu masuk. Tak hanya itu, Iriana juga memasang satu ikat padi yang diberikan diatas pisang.

Prosesi adat sebelum siraman tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dengan ditemani oleh Kahiyang Ayu dan Bobbi Nasution.

 

2. Air untuk siraman diambil dari 7 mata air

Pakai Beskap Warna Pink, Presiden Jokowi Pasang 'Bleketepe'unsplash.com/Daipdaip

Sebelumnya, Juru bicara pernikahan Kaesang & Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, prosesi siraman Kaesang menggunakan air dari tujuh sumber mata air.

Tujuh sumber mata air itu antara lain berasal dari Pura Mangkunegaran, kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, air dari Pengging, air dari rumah eyang Sujiatmi Notomiharjo almarhum, air dari Masjid Agung, dan air dari Keraton Solo.

"Yang melakukan siraman Bapak, Ibu, pakde, bude, dan paklik yang sudah mantu (menikahkan anaknya)," kata Gibran di Solo, Senin (5/12/2022).

3. Sejumlah menteri Jokowi hadiri upacara siraman Kaesang

Pakai Beskap Warna Pink, Presiden Jokowi Pasang 'Bleketepe'Presiden Jokowi memasang 'bleketepe'. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari pantauan, prosesi adat siraman tersebut juga dihadiri oleh sejumlah menteri. Mereka antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: Kirab Pernikahan Kaesang Pakai 20 Kuda Milik Babinkamtibmas di Cilacap

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya