Relawan Jokowi di Jateng dan Jatim Siap Dukung Capres Pilihan Jokowi

Menunggu keputusan dari Presiden Jokowi.

Surakarta, IDN Times - Relawan pendukung Joko "Jokowi" Widodo yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur berkumpul serta mengelar halal bi halal di Rumah Dinas Loji Gandrung, Solo, Jumat (28/4/2023).

Pertemuan yang digelar sore hari tersebut masih belum dipastikan satu nama yang akan didukung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca Juga: Gibran Sebut Relawan Jokowi Tak Akan Beri Dukungan Anies Baswedan 

1. Menunggu arahan dari Jokowi.

Relawan Jokowi di Jateng dan Jatim Siap Dukung Capres Pilihan JokowiPresiden Joko “Jokowi” Widodo memberi arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Salah satu relawan Ketua Sapulidi Nusantara, Ahmad Badruttamam mengatakan jika hingga kini belum ada instruksi pasti terkait siapa yang akan didukung dalam Pilpres 2024 mendatang.

”Acara ini karena masih dalam rangka 1 Syawal, maka kami halal bi halal bersama dengan para relawan yang mulai 2014-2019 berjibaku memenangkan Pak Jokowi. Secara tidak langsung kami punya kewajiban moral mengawal program dan menunggu arahan beliau,” katanya.

Ahmad mengatakan hingga kini belum ada satu nama yang dipastikan untuk mendapat dukungan lansung dari relawan Jokowi.

”Terkait arahan kami masih menunggu. Relawan ini bisa dikatakan kapal besar, ketika diarahkan ke mana, hanya Pak Jokowi yang bisa mengarahkan. Kami sebagai relawan masih menunggu akan diarahkan ke mana dan ke siapa,” katanya.

2. Siap dukung Prabowo atau Ganjar.

Relawan Jokowi di Jateng dan Jatim Siap Dukung Capres Pilihan JokowiSalah satu relawan Ketua Sapulidi Nusantara, Ahmad Badruttamam. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebanyak 18 gabungan relawan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang hadir pun menerima arahan langsung dari Walikota Solo yang juga putra dari Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka.

Ahmad mengungkapkan jika Gibran meminta relawan untuk bersabar dan menunggu instruksi dari Presiden Jokowi terkait dukungan yang diberikan.

Ahmad mengaku hingga saat ini banyak relawan yang bertanya-tanya kemana arah dukungan Presiden Jokowi, apakah ke Prabowo atau ke Ganjar. Kendati demikian, ia menegaskan tidak akan mendukung Anies Baswedan.

”Kami sendiri banyak yang bertanya demikian (sinyal dukungan Jokowi untuk Ganjar). Tapi bagi kami, sebelum Pak Jokowi memberikan titah, kami masih menunggu komando seperti apa,” katanya.

Ahmad juga mengungkap, peluang dukungan dari Jokowi tidak hanya untuk Ganjar. Namun angin segar ini juga bisa tertuju pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang pada hari lebaran langsung diterima di kediaman Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo.

”Kami ke siapapun, bukan hanya Pak Jokowi ke Ganjar, tapi kemarin kan Pak Jokowi juga menerima kunjungan dari Pak Prabowo. Jadi bagi kami, sebelum ada keputusan resmi dari Pak Jokowi, terkait arahan resmi Pak Jokowi memilih siapa, kami menunggu,” katanya.

3. Relawan Jokowi ogah dengan Anies.

Relawan Jokowi di Jateng dan Jatim Siap Dukung Capres Pilihan JokowiRelawan Jokowi berkumpul di Loji Gandrung Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Meski nantinya akan memilih, salah satu relawan lain dari relawan Jogoboyo Jawa Timur, Muhammad Syahri mengaku siap mendukung siapa pun baik Ganjar Pranowo ataupun Prabowo Subianto. Menurutnya keduanya sama-sama mendukung kepemerintahan Presiden Jokowi.

"Kami relawan siap mau dukung Pak Prabowo atau Pak Ganjar, siap. Kalau Anies tidak saja," katanya.

Baca Juga: Jawaban Menohok Ganjar Pranowo yang Dianggap Gak Punya Prestasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya