Comscore Tracker

Lagi PSBB, Remaja di Tegal ini Malah Tawuran dan Disiarkan Live di FB

Semalam terjadi dua kali bentrok

Tegal, IDN Times - Aksi tawuran mendadak viral di tengah pelaksanaan PSBB di Kota Tegal. Sedikitnya dua aksi tawuran terjadi di lokasi berbeda dan terekam kamera ponsel warga. Puncaknya, belasan remaja tanggung ditangkap Tim Unit Resmob Satreskrim Polres Tegal Kota, Jumat (1/5) pukul 02.00 dini hari.

Baca Juga: PSBB Tegal Resmi Diberlakukan, 49 Titik Jalan Ditutup Beton

1. Pelaku melakukan siaran langsung di sosial media saat tawuran berlangsung

Lagi PSBB, Remaja di Tegal ini Malah Tawuran dan Disiarkan Live di FBIDN Times/ Muchammad

Dari hasil pantauan, dua aksi tawuran tersebut dilakukan kelompok remaja tanggung, yang menamai dirinya gangster team tubruk. Aksi pertama, viral di jejaring sosial Facebook, Selasa (28/4) malam, lantaran sengaja direkam dan disiarkan secara langsung oleh salah satu oknum.

Belakangan, diketahui aksi tersebut berlangsung di Jalan AR Hakim, saat kondisi Kota Tegal sedang diberlakukan PSBB. Sementara, aksi kedua dilaporkan masyarakat terjadi di Jalan Ayam pada Kamis (30/4) malam.

2. Polisi gagalkan upaya tawuran ketiga

Lagi PSBB, Remaja di Tegal ini Malah Tawuran dan Disiarkan Live di FBIDN Times/ Muchammad

Sementara dari hasil pengembangan informasi, aparat Kepolisian bergerak cepat dan berhasil meringkus para remaja tanggung di lokasi berbeda. Mereka kemudian digelandang ke Mapolres Tegal Kota, untuk dimintai keterangan.

Pada Jumat (1/5) pagi, mereka kemudian dijemput para orang tuanya dan dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya di kemudian hari. Dari pengakuan salah seorang pelaku, sebut saja AF (14), aksi tersebut dilakukan untuk menunjukkan popularitas kelompoknya.

“Saya ikut-ikutan saja, tadinya mau menyerang kelompok di Jalan Nanas. Soalnya mereka menantang kelompok saya di Facebook,” kata AF di Mapolres Tegal Kota.

3. Kelompok remaja memanfaatkan pelaksanaan PSBB

Lagi PSBB, Remaja di Tegal ini Malah Tawuran dan Disiarkan Live di FBIDN Times/ Muchammad

Kapolres Tegal Kota, AKBP Siti Rondhijah mengatakan, para remaja tersebut sudah dibuatkan surat pernyataan dan diserahkan kepada orang tua serta Ketua RT setempat. Dari tangan mereka, pihaknya tidak mendapatkan barang bukti berupa senjata tajam, seperti apa yang diviralkan pada sebuah video di Facebook.

Momen PSBB yang diterapkan pemerintah setempat, sepertinya dimanfaatkan oleh para oknum remaja tersebut. Bagaimana tidak, dengan kondisi penerangan lampu jalan yang padam pada malam hari, membuat mereka dengan leluasa melakukan tawuran.

“Dengan mudah dan tidak terkontrol, mereka keluar rumah kemudian melakukan tawuran di tengah jalan yang gelap. Untuk itu, saya berharap ke depan penerangan jalan dapat dinyalakan kembali,” kata Kapolres.

4. Polisi berlakukan wajib lapor kepada para remaja

Lagi PSBB, Remaja di Tegal ini Malah Tawuran dan Disiarkan Live di FBIDN Times/ Muchammad

Kendati sudah dipulangkan bersama orang tua dan Ketua RTnya masing-masing, belasan remaja tersebut tetap diminta wajib lapor di Polres Tegal Kota selama beberapa pekan ke depan. Setiap hari Senin dan Kamis, mereka harus melakukan absen di Mapolres setempat.

Sementara, apabila di kemudian hari didapati masih melanggar, maka tidak ada lagi toleransi untuk mereka. Pihak Kepolisian menyatakan siap memproses secara hukum, kendati para remaja tersebut masih berada di bawah umur.

Baca Juga: 100 Kamar di Gedung Olahraga Tegal Disulap Tempat Karantina Pemudik

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya