Update Corona di Banyumas, 1 Pasien RSUD Margono Positif COVID-19 

Riwayat Perjalanan dari Yogyakarta dan Solo

Purwokerto, IDN Times - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Margono Soekarjo dinyatakan positif covid-19. Bupati Banyumas, Achmad Husein yang mengumumkan langsung melalui tayangan video meminta masyarakat tetap tenang.

Baca Juga: Di Banyumas Ciu Diolah Jadi Bahan Hand Sanitizer

1. Pelacakan jejak kontak fisik segera dilakukan

Update Corona di Banyumas, 1 Pasien RSUD Margono Positif COVID-19 RSUD Margono Soekarjo. IDN Times/Rudal Afgani

Husein mengatakan akan segera melacak riwayat orang-orang yang pernah membuat kontak dengan pasien ini. Hal ini untuk memastikan penyebaran tidak semakin meluas.

"Kami akan cari orang yang membuat kontak dengan orang tersebut," ujar Husein.

Pasien ini berasal dari Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur. Namun karena bekerja di Banjarnegara, pasien ini sehari-hari tinggal di Banjarnegara.

"Betul telah corona positif, mohon masyarakat tetap tenang," kata Husein dalam video itu.

2. Pasien pulang dari Yogyakarta dan Solo

Update Corona di Banyumas, 1 Pasien RSUD Margono Positif COVID-19 Petugas satuan keamanan RSUD Margono Soekarjo berjaga di depan ruang isolasi, beberapa waktu lalu. IDN Times/Rudal Afgani

Pasien merupakan laki-laki berusia 46 tahun. Ia datang ke RSUD Margono Minggu (15/3) dengan keluhan mual, pusing, batuk dan pilek.

Keluhan itu dirasakan setelah pulang dari Yogyakarta dan Solo. Pada Minggu tanggal 15 Maret 2020, ia yang sehari-hari tinggal di Banjarnegara sempat berobat ke RS Elisabet di Purwareja Klampok, Banjarnegara. Namun ia kemudian dirujuk ke RSUD Margono pada hari yang sama.

3. Sempat berstatus ODP sebelum meningkat menjadi PDP

Update Corona di Banyumas, 1 Pasien RSUD Margono Positif COVID-19 Rudal Afgani

Semula pasien ini masih berstatus orang dalam pantauan (ODP). Namun melihat gejala dan riwayat perjalanannya, statusnya kemudian naik menjadi pasien dalam pengawasan.

Setelah dirujuk ke RSUD Margono, ia dites dan hasilnya positif terjangkit virus corona. Kini pasien ini dirawat secara intensif di ruang isolasi.

Baca Juga: ODP COVID-19 Capai 202 Orang, Pemkab Banyumas Perbanyak Ruang Isolasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya