10 Warga Purbalingga Klaster Ijtima Gowa dan Lembang Positif COVID-19

13 PDP virus corona klaster Ijtima Gowa masih dirawat

Purbalingga, IDN Times - Sebanyak 9 pasien dalam pengawasan (PDP) dari Klaster Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan asal Purbaingga, Jawa Tengah terkonfirmasi positif COVID-19, Kamis (23/4). Hal tersebut berdasarkan rilis resmi Bupati Purbaingga, Dyah Hayuning Pratiwi yang disampaikan melalui video, pukul 17.00 WIB.

Tiwi menjelaskan, ada tambahan 11 pasien positif virus corona per Kamis (23/4). Sebanyak 9 orang diantaranya berasal dari klaster Ijtima Gowa.

1. Sembilan dari 11 PDP positif virus corona dari klaster Ijtima Gowa

10 Warga Purbalingga Klaster Ijtima Gowa dan Lembang Positif COVID-19Ilustrasi di ruang isolasi perawatan pasien poaitif corona. Dok. Humas Pemkab Purbalingga

Dari sembilan orang klaster Ijtima Gowa, 6 orang merupakan peserta yang berangkat ke Gowa. Sementara tiga orang lainnya merupakan keuarga peserta Ijtima.

Uniknya, enam perserta yang berangkat laki-laki. Sementara tiga orang anggota keluarga yang menjadi korban transmisi COVID-19 adalah perempuan.

Mereka adalah yang pertama laki-laki berusia 37 tahun dari Kecamatan Pengadegan. Kedua perempuan 48 tahun dari Kecamatan Karangreja, ketiga laki-laki 40 tahun dari Kecamatan Karangreja, keempat perempuan 48 tahun dari Kecamatan Karangreja, kelima laki-laki 50 tahun dari Kecamatan Kalimanah.

Kemudian keenam laki-laki 48 tahun dari Kecamatan Kalimanah, ketujuh perempuan 45 tahun dari Kecamatan Padamara, kedelapan laki-laki 36 tahun dari Kecamatan Bukateja.

“Kesembilan laki-laki usia 56 tahun berasal dari Kecamatan Kejobong, yang bersangkutan adaah peseta ijtima gowa,” imbuhnya dilansir IDN Times.

Baca Juga: Klaster Jemaah Ijtima Gowa, 25 Warga Purbalingga Positif Corona

2. Satu pasien positif COVID-19 dari pengembangan klaster Lembang

10 Warga Purbalingga Klaster Ijtima Gowa dan Lembang Positif COVID-19Ilustrasi cek tekanan darah petugas kesehatan Puskesmas Padang Pasir sedang memeriksa tekanan darah pasien. IDN Times/Andri NH

Sementara dua orang PDP di luar klaster Ijtima Gowa, antara lain laki-laki 20 tahun dari Kecamatan Purbalinga.

“Dia tertular dari keluarga yang lebih dahulu positif COVID-19 karena keluarganya melakukan mobilisasi dari Lembang, Bandung. Jadi ini adalah pengembangan dari klaster Lembang, Bandung,” ujar Tiwi.

Sementara satu PDP lain yang terkonfirmasi positif ialah laki-laki 71 tahun dari Kecamatan Mrebet, Purbalingga. Pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, tetapi anaknya baru pulang dari Jakarta.

“Dia mengeluh sesak napas dan per tanggal 16 April 2020 dan dirawat di RSUD Goeteng Taroenadibrata (Purbalingga),” terang Tiwi.

3. 13 PDP klaster Ijtima Gowa masih dirawat

10 Warga Purbalingga Klaster Ijtima Gowa dan Lembang Positif COVID-19Ilustrasi ambulans dan tenaga medis. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dengan penambahan 11 pasien itu, maka total pasien positif COVID-19 di Purbalingga, Jawa Tengah mencapai 19 orang. Sebanyak lima di antaranya sembuh dan 14 dirawat di beberapa rumah sakit di Purbalingga.

Sementara PDP negatif dan telah dipulangkan jumlahnya ada 70 orang. Tiga diantaranya dari klaster ijtima Gowa.

Untuk PDP yang dirawat berjumlah 31 orang dan 13 diantaranya dari klaster Gowa. Sedangkan PDP yang meninggal dunia berjumlah sembilan orang.

Baca Juga: 14 Hari Isolasi Dengan Sang Ibu, Bocah 2 Tahun di Purbalingga Sembuh 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya