Comscore Tracker

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia Penerbangan

Dunia penerbangan itu mempunyai risiko tinggi, lho

Kalau kamu suka bepergian menggunakan pesawat terbang, pastinya sudah tahu dong bahan bakar yang digunakan? Ya, adalah Avtur yang merupakan singkatan dari aviation turbine.

Avtur sering disebut sebagai bahan bakar jet (jet fuel) atau Aviation Turbine Fuel (ATF). Tapi, kenapa bahan bakar jet tersebut diisi ke pesawat terbang?

Nah, pesawat terbang yang komersial sebagian besar bermesinkan jet atau berturbin. Seperti jenis Airbus, Boeing, pesawat kargo, dan helikopter. So, jangan bingung lagi soal peruntukannya avtur ya, guys.

PT Pertamina (Persero) menyediakan bahan bakar penerbangan tersebut untuk melayani pesawat terbang dengan rute domestik dan internasional di bandar udara (bandara) dalam negeri. Pengisian Avtur dilakukan di 63 bandara melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang tersebar dari Aceh sampai Merauke.

Avtur adalah produk turunan dari minyak bumi dan menjadi salah satu produk terbaik dari PT Pertamina (Persero)

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mengecek kualitas bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Masing-masing DPPU Pertamina selalu menjaga kualitas avtur sebagai sumbangsih kepada dunia penerbangan yang memiliki risiko tinggi

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas menyuling untuk pengecekan kualitas bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Seperti rutin mengontrol nilai sulfur dan asam avtur agar tetap sesuai spesifikasi (on spec) dan standar penerbangan internasional

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mengecek kualitas bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Termasuk juga mengecek apakah ada campuran air atau pengotor lainnya

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mengecek dengan mengamati secara langsung bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Baca Juga: Petrokimia Pertamina, Setia Menjaga Asa dan Masa Depan Indonesia

Kontrol kualitas (QC) dan penanganan tersebut dilakukan dalam setiap tahap pemindahan avtur

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mengecek kualitas bahan bakar Avtur di tangki penyimpanan DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Mulai dari kilang sampai dengan pengisian ke pesawat sesuai dengan standar manual Joint Inspection Group (JIG)

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mencatat stok bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Oleh karena itu, keberadaan DPPU ditugaskan secara khusus hanya mengelola avtur agar tidak terkontaminasi produk lain

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mengecek pipa dan pompa bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Produk Avtur (Jet A-1) Pertamina sudah terdaftar pada TSCA EINECS/ ELINCS dan AICS, juga sudah bersertifikasi OSHA 29 CFR 1910.1200

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas menutup pipa bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Truk tangki yang digunakan untuk avtur juga berbeda dari umumnya karena dilengkapi peralatan dan khusus beroperasi di bandara

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mengoperasikan truk tangki yang memuat bahan bakar Avtur di DPPU Pertamina Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (IDN TImes/Dhana Kencana)

Antara lain alat meter yang bisa menghitung berapa avtur yang sudah masuk ke pesawat dan fitur aerial working platform

[FOTO] Penjaga Mutu Avtur Pertamina untuk Keamanan Dunia PenerbanganPetugas mengisi bahan bakar Avtur ke pesawat terbang rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang (IDN TImes/Dhana Kencana)

DPPU Pertamina di seluruh Indonesia beroperasi dua jam sebelum bandara buka hingga dua jam setelah operasional bandara tutup. Hal itu menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP) tetap dan kontribusi Pertamina untuk keselamatan, kenyamanan, dan keamanan dunia penerbangan.

Melalui Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga telah berhasil untuk Go Global dengan memasarkan avtur ke luar negeri. Total, hingga akhir 2021, Pertamina telah melayani kebutuhan Avtur di 128 lokasi di dunia yang tersebar di 47 negara.

Baca Juga: Hutan Pertamina UGM di Blora, Proyeksi untuk Kurangi Emisi Karbon

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya