Comscore Tracker

5 Keistimewaan Paspor Diplomatik Korea Selatan yang Dipegang BTS

BTS ditunjuk sebagai utusan khusus urusan diplomasi budaya

Presiden Korea Selatan, Moon Jae In memberikan paspor diplomatik kepada grup band Bangtan Boys (BTS), Selasa (14/9/2021). Boyband fenomenal itu mendapat kepercayaan dari negara sebagai utusan khusus urusan diplomasi budaya. 

1. BTS dianggap sudah angkat martabat bangsa di kancah dunia

5 Keistimewaan Paspor Diplomatik Korea Selatan yang Dipegang BTSSalah satu boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS). (Instagram.com/bts.bighitofficial)

Melansir Korea.net, Presiden Moon Jae In mengucapkan terima kasih kepada grup tersebut karena telah mengangkat martabat bangsa dan mengenalkan KPop serta budaya Korea ke seluruh dunia.

‘’Saya berterima kasih kepada BTS yang dengan senang hati menerima penunjukan tersebut,’’ ucap presiden.

Sebagai utusan khusus presiden, BTS akan akan menemani Moon menghadiri Sidang Majelis Umum Ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat pada 21 September mendatang. Selama bepergian itu, BTS akan menggunakan paspor diplomatik.

Adapun, paspor diplomatik dikeluarkan hanya untuk individu tertentu yang akan bepergian ke luar negeri untuk menangani urusan resmi pemerintah.

2. BTS hadiri Sidang Umum PBB bareng Presiden Korea Selatan

5 Keistimewaan Paspor Diplomatik Korea Selatan yang Dipegang BTSGrup band BTS asal Korea Selatan mendapat paspor diplomatik dari Presiden Moon Jae In. (Twitter/@bts_bighit)

Pada penyerahan paspor diplomatik di istana negara Korea Selatan Cheong Wa Dae, anggota BTS, Kim Nam Joon mengatakan, sebagai warga negara dan individu di Korea penunjukkan ini merupakan kehormatan besar untuk melakukan sesuatu dengan gelar 'utusan khusus presiden untuk generasi dan budaya masa depan.'

"Kami selalu berpikir bagaimana membalas cinta yang kami terima dan memberi lebih banyak pada saat yang sama. Kami merasa terhormat menerima kesempatan besar untuk melakukan ini berkat presiden dan akan melakukan yang terbaik sebagai utusan khusus," ungkap leader BTS yang terkenal dengan nama RM itu.

Sementara, sebelum memulai tugasnya dengan mendampingi presiden ke Sidang Umum PBB Ke-76 di New York, pada 20 September 2021 BTS akan menghadiri pertemuan kedua acara Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Sekjen PBB.

Tentu sebuah kehormatan bagi BTS bisa memegang paspor diplomatik tersebut. Lalu apa sih keistimewaan paspor yang biasa diberikan kepada pejabat pemerintah dan keluarganya yang telah dikirim ke luar negeri untuk menghadiri kongres atau konferensi? Simak ya.

Baca Juga: Pre-Order Album Solo Lisa BLACKPINK Tembus 700 Ribu Keping, Rekor!

3. Bisa pergi ke berbagai negara tanpa visa

5 Keistimewaan Paspor Diplomatik Korea Selatan yang Dipegang BTSPaspor diplomatik milik BTS dari Presiden Korea Selatan, Moon Jae In. (Twitter/@big_hit)

Mengutip passport.go.kr, paspor diplomatik Korea Selatan memungkinkan para pemegangnya bepergian ke lebih 100 negara atau wilayah tanpa visa. Kendati demikian, perlu diingat mereka yang memegang paspor ini tidak diperbolehkan bepergian atas urusan pribadi dengan memakai paspor diplomatik.

Selain itu, untuk pergi ke beberapa negara Asia Selatan dan Afrika para pemegang paspor diplomatik Korea tetap memerlukan visa. Negara itu di antaranya, Afghanistan, Bhutan, Yaman, Ghana, Sudan, Nigeria, Kuba, dan Libya.

4. Paspor sakti yang memberikan berbagai keuntungan

5 Keistimewaan Paspor Diplomatik Korea Selatan yang Dipegang BTS(Keistimewaan paspor diplomatik) IDN Times/Sukma Shakti

Paspor diplomatik Korea Selatan merupakan paspor terkuat di dunia yang ada di posisi ketiga. Tentu akan banyak keuntungan yang bisa diperoleh pemegangnya. Antara lain, mendapat karpet merah dan lounge diplomatik yang bisa digunakan di banyak bandara, upgrade hotel, dan penerbangan.

Selain itu, mereka yang memegang paspor diplomatik bisa mendapat akses khusus di bandara dan dibebaskan dari pajak yang timbul dari perjalanan ke luar negeri.

5. Memiliki kekebalan diplomatik

5 Keistimewaan Paspor Diplomatik Korea Selatan yang Dipegang BTSsoompi.com

Pemegang paspor berwarna merah ini akan mendapatkan kekebalan diplomatik dan dianggap sebagai tamu kehormatan di negara tuan rumah.

Saat bepergian, pemegang paspor ini juga menggunakan saluran diplomatik bandara dan bebas pemeriksaan.

Wah, sungguh mantap dan istimewa sekali! Keren BTS!

Baca Juga: Rekomendasi 9 Drama Korea Tayang September 2021, Ngehits Banyak Dicari

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya