Comscore Tracker

3 Jenis Vaksin Tiba di Jateng, Nakes dan Lansia Siap Disuntik Lagi

Moderna, Sinopharm dan AstraZeneca siap untuk vaksinasi

Semarang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah memastikan pekan ini ada tiga jenis vaksin COVID-19 yang sudah dikirim ke wilayahnya. Ketiga jenis vaksin tersebut dimanfaatkan untuk mempercepat proses vaksinasi bagi warga pralansia, lansia, hingga para tenaga kesehatan (nakes). 

"Ada empat vaksin lain sekarang sudah bisa digunakan di Jawa Tengah. Yaitu vaksin Moderna untuk penyuntikan kepada para nakes, vaksin Sinopharm, vaksin AstraZeneca, dan vaksin yang selama ini sudah sering kita pakai ialah Sinovac," kata Kepala Dinkes Jateng, Yulianto, Selasa (3/8/2021).

1. Penyuntikan dosis tiga buat nakes pakai vaksin Moderna

3 Jenis Vaksin Tiba di Jateng, Nakes dan Lansia Siap Disuntik LagiIlustrasi vaksin Moderna (www.news.sky.com)

Pihaknya sudah memperoleh sebanyak 11.000 vial vaksin Moderna untuk disuntikan pada dosis ketiga bagi para nakes.

Ia menjamin, semua nakes di 35 kabupaten/kota tetap mendapatkan vaksinasi Moderna selama masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: Indonesia Terima 3,5 Juta Vaksin Moderna Hari Ini

2. Jateng juga dapat jatah vaksin Sinopharm dan AstraZeneca

3 Jenis Vaksin Tiba di Jateng, Nakes dan Lansia Siap Disuntik LagiVaksin COVID-19 AstraZeneca (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kemudian untuk vaksin Sinopharm, katanya, Pemprov Jateng sudah mendapat jatah 24.000 vial. Ia mengaku vaksin Sinopharm nantinya disuntikan bagi para penyandang disabilitas yang ada di berbagai daerah Jawa Tengah. 

Sedangkan untuk vaksin AstraZeneca, pihaknya sudah mendapat jatah alokasi khusus pada pekan lalu dan akan dipakai untuk mendukung percepatan vaksinasi di Jawa Tengah.

"Yang Moderna kita dapat jatahnya 11.000 vial. Lalu ada lagi Sinopharm dapar 24.000 vial dari hibah dari negara sahabat diperuntukan untuk disabilitas. Dan juga ada AstraZeneca sudan tiba minggu kemarin untuk percepatan vaksinasi yang selama ini masih menggunakan vaksin Sinovac," ujarnya. 

3. Dinkes Jateng suntikan empat vaksin sekaligus

3 Jenis Vaksin Tiba di Jateng, Nakes dan Lansia Siap Disuntik LagiPenjaga stan pameran Ciftis di Beijing, Jumat (4/9), menunjukkan dua kandidat vaksin COVID-19 buatan Sinopharm dan Sinovac. (ANTARA/HO-GT)

Ia memastikan proses penyuntikan empat vaksin itu akan digencarkan mulai minggu ini. Khusus untuk vaksin Moderna, Yulianto menyampaikan saat ini harus butuh kelengkapan fasilitas rantai dingin untuk didistribusikan ke sejumlah daerah.

Sebab, vaksin Moderna membutuhkan temperatur suhu minus 25 derajat celsius sehingga rantai dinginnya mesti disiapkan dengan hati-hati. 

"Kabupaten/kota masih bisa mengupayakan penyediaan rantai dingin untuk menyimpan vaksin Moderna. Tapi kalau gak bisa ya pakai dari vaksin Sinovac, hanya memang ada batas waktunya maksimal selama 30 hari," jelasnya.

4. Warga Jateng yang meninggal akibat COVID-19 90 persen usianya 45 tahun keatas

3 Jenis Vaksin Tiba di Jateng, Nakes dan Lansia Siap Disuntik LagiMobil Jenazah yang mengantarkan jenazah pasien COVID-19 ke TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Pihaknya berjanji dengan ketersediaan empat jenis vaksin, secepatnya akan meningkatkan proses vaksinasi COVID-19. Kalangan warga yang diprioritaskan oleh Dinkes Jateng yaktu lansia dan pra lansia, warga dengan penyakit penyerta (komorbid) diabetes miletus dan komorbid berat lainnya. 

"Kelompok ini kita lindungi dulu sehingga bisa memperkecil angka kematian. Karena jumlah warga yang meninggal dunia di rumah sakit itu kategorinya 90 persen umurnya 45 tahun keatas, ada 82 persen meninggal karena faktor komorbiditas dan sisanya sebagian besar belum vaksin," ujar Yulianto.

Baca Juga: Dapat 760 Dosis Sinopharm, Buruh Jateng Disuntik Vaksin Gotong Royong

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya