Densus 88 Olah TKP Vila di Bandungan Semarang Tempat Latihan Teroris

Kapasitas vila bisa 10-20 orang

Semarang, IDN Times - Sebuah penginapan di kawasan Gitungan, Kabupaten Semarang disebut-sebut sering menjadi tempat latihan para teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI). 

Vila Taman Raya, begitu warga setempat mengenalnya, terletak tak jauh dari Pasar Bandungan. Lokasinya berada di dataran tinggi dan berhawa sejuk.

1. Pegawai vila sempat melihat rombongan laki-laki menginap

Densus 88 Olah TKP Vila di Bandungan Semarang Tempat Latihan TerorisKondisi vila yang didatangi Densus 88 Antiteror di Gitungan Bandungan Semarang. Dok. IDN Times/bt

Siyarto, seorang petugas pengantar makanan di Vila Taman Raya berkata, tempat penginapan tersebut sering dipakai menjadi lokasi istirahat bagi orang-orang yang berlibur di Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kadang kala ia melihat ada kegiatan sekolah yang digelar di Vila Taman Raya. Namun, ada pula rombongan laki-laki yang sempat mendatangi vila tersebut, menjelang malam.

"Kadang kalau ada kegiatan sekolah ya penuh. Tapi kalau hari biasa ya sepi. Seringnya yang pakai vila itu hanya laki-laki saja. Kegiatan jam 6 malam sudah selesai. Paling lama sekitar dua hari," katanya dalam rekaman suara yang didapat IDN Times, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: 5 Penginapan Mewah di Bandungan Semarang View Pemandangannya Kece Abis

2. Vila di Gitungan memiliki kapasitas yang besar

Densus 88 Olah TKP Vila di Bandungan Semarang Tempat Latihan TerorisIlustrasi petugas vila (Dok. Kemenparekraf).

Siyarto yang sudah berkerja di vila tersebut sejak 2008 mengaku tak tahu pasti apa saja kegiatan yang dilakukan para tamu selama menginap. Seingatnya kapasitas ruangan di dalam vila bisa menampung 10 hingga 20 orang. Beberapa tamu bahkan bermalam dengan memesan beberapa kamar.

"Cuma saya gak tahu kegiatannya apa aja. Soalnya saya gak lihat aktivitasnya di dalam apa aja. Tugas saya hanya mengantarkan katering makanan. Tamu yang datang palingan Jumat sampai Minggu," urainya.

3. Densus 88 sempat olah TKP di vila Gitungan Bandungan

Densus 88 Olah TKP Vila di Bandungan Semarang Tempat Latihan TerorisIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Terpisah, Kapolsek Bandungan, Iptu Edi Purwanto menyatakan di vila tersebut beberapa hari sebeumnya sempat dilakukan olah tempat kejadian perkara oleh tim Densus 88 Polri berkaitan dengan hasil penelusuran kasus pengungkapan jaringan teroris Jemaah Islamiyah (JI).

"Ada seorang tersangka yang memberikan pengakuan kalau pernah memberi pelatihan di Gitungan. Maka lokasi vilanya dicek oleh polisi. Dan sekitaran tahun 2011-2016 lalu memang ada yang kegiatan di sini. Latihannya di sini. Infonya di sini dijadikan lokasi latihan teroris," ujarnya.

4. Polisi data ulang identitas pemilik vila untuk memantau kegiatan tamu

Densus 88 Olah TKP Vila di Bandungan Semarang Tempat Latihan TerorisIlustrasi kamar penginapan. unsplash.com/Toa Heftiba

Meski demikian, dirinya saat ini tak menemukan jejak apapun mengenai sisa latihan teroris di vila Gitungan. Ke depan pihaknya akan berusaha mendata ulang identitas pemilik vila di wilayah Gitungan supaya dapat memantau aktivitas tamu yang menginap.

"Yang punya vila nantinya wajib melaporkan ke polsek. Jadi kita bisa memonitor kegiatan di dalamnya," pungkasnya.

Baca Juga: Ciri-ciri Kotak Amal untuk Danai Teroris, Tersebar di Sejumlah Kota

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya